Berita

Penghapusan KDRT, Wujudkan Keluarga Sakinah

Dibaca: 5 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Kepala Hukum (Kakum) Lanud Surabaya Mayor Sus M. Aziz Arifin, SH. menyampaikan ceramah bidang hukum dengan tema penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dalam rangka menyambut HUT ke-53 PIA Ardhya Garini, di Gedung Hercules, Kamis(5/11)

 

Dalam ceramahnya, Mayor Sus M. Aziz Arifin, S.H., menyampaikan, bahwa yang dimaksud dengan KDRT adalah segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh seseorang terutama terhadap istri yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, psikis, seksual dan penelantaran rumah tangga.

 

Penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dilaksanakan berdasarkan atas (Pasal 3 UU No.23 tahun 2004) penghormatan HAM, keadilan dan kesetaraan gender, non diskriminasi dan perlindungan korban. Tujuannya adalah mencegah segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga, melindungi korban kekerasan dalam rumah tangga, menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga dan memelihara keutuhan rumah tangga yang harmonis dan sejahtera.ujar Mayor Sus Aziz

 

dikatakannya, banyak korban dari KDRT yang enggan melaporkan kasusnya ke pihak berwenang, hal tersebut dikarenakan takut jiwanya terancam, tidak diberi nafkah, dianggap sebagai aib keluarga, berakibat perceraian dan ironisnya lagi ada sebagian orang yang beranggapan KDRT adalah masalah keluarga sehingga disarankan untuk berdamai saja.

Baca juga:  KOMANDAN LANUD SURABAYA MENGANTAR PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI KEMBALI KE JAKARTA

 

Lebih lanjut Kakum memberikan solusi untuk mengatasi KDRT terhadap istri adalah dengan memberikan pendidikan kepada suami mengenai HAM dan pemberdayaan perempuan; menyebarkan informasi dan mempromosikan prinsip hidup sehat, anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta mengadakan penyuluhan untuk mencegah kekerasan. sementara untuk pelaku dan korban, sebaiknya mencari bantuan kepada psikolog untuk memulihkan kondisi psikologisnya.

 

Sementara itu Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4 D/II Lanud Surabaya Ny. Gatot Purwanto dalam sambutannya mengatakan, tumbuhkan keyakinan bahwa perkawinan yang sehat adalah dilandasi oleh rasa saling empati. Apabila solusi ini berhasil dilakukan, maka akan terwujudlah keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah yang diidamkan oleh setiap anggota keluarga. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi KDRT khususnya dilingkungan PIA AG.

 

Hadir dalam acara tersebut seluruh anggota WARA, PNS TNI AU dan anggota PIA Ardhya Garini Cab 4 D/II Lanud Surabaya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel