Berita

Pengungsi di Lanud Adisutjipto Nekad Pulang

Dibaca: 11 Oleh 19 Nov 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Seiring dengan aktifitas dan intensitas Gunung Merapi yang menunjukkan kecenderungan menurun, para pengungsi yang tinggal di komplek Lanud Adisutjipto banyak yang meninggalkan tempat. Dari 632 pengungsi yang ditampung di Mess Jatayu, Gedung Olah Raga Adisutjipto, RSAU Harjolukito serta rumah dinas anggota, kini tinggal sekitar 160 orang.

Kepulangan para pengungsi tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Personel Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Haris Haryanto saat mengadakan peninjauan ke Mess Jatayu, Jum’at (19/11). Menurutnya sejak beberapa hari lalu para pengungsi memang banyak yang meninggalkan lokasi penampungan, dengan berbagai alasan. Namun dari pengakuan para pengungsi, lanjut Kolonel Pnb Haris Haryanto mereka selain bosan, juga cemas dan khawatir untuk meninggalkan harta benda terlalu lama.

Data dari Dinas Personel Lanud Adisutjipto menunjukkan, para pengungsi yang tinggal di komplek Lanud Adisutjipto adalah penduduk yang sebelumnya tinggal di desa yang masuk ke dalam zona 20 kilometer. “Namun karena selalu mengikuti berita terkini dari aktifitas Gunung Merapi, mereka yang berasal dari Ngemplak, Ngaglik, Kalasan, Turi dan Pakem nekat pulang ke rumah masing-masing,” tutur Supri salah satu pengungsi di Mess jatayu.

Baca juga:  Danlanud Roesmin Nurjadin : “Kami Siap Untuk Selalu Membantu Mengatasi Kesulitan Masyarakat Riau”

Supri menambahkan para pengungsi yang masih tinggal di kawasan Lanud Adisutjipto adalah penduduk yang sebelumnya tinggal di Kepuhharjo. Desa Kepuhharjo inilah ketika erupsi besar terjadi, merupakan salah satu desa yang hancur karena diterjang awan panas dan material Gunung Merapi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel