Berita

Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Kosekhanudnas III

Dibaca: 33 Oleh 21 Okt 2020Tidak ada komentar
Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Kosekhanudnas III
#TNIAU 

TNI AU. Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., beserta para asisten dan perwira staf Kosekhanudnas III menerima kunjungan kerja Tim Itjenau dalam rangka pelaksanaan pengujian bukti dan dokumen, observasi serta wawancara atas penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bertempat di Gedung Balai Pertemuan Soewarto Kosekhanudnas III dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,  Selasa (20/10/2020).

Kedatangan tim Itjenau yang melakukan penilaian mandiri maturitas SPIP di Kosekhanudnas III diketuai oleh Asbin Itjenau Kolonel Adm Dwi Dedi Gunawan beserta 3 orang staf.  Kedatangan tim Itjenau tersebut untuk pelaksanaan penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kosekhanudnas III dalam rangka meningkatkan penilaian kinerja personel Kosekhanudnas III.

Dalam sambutannya Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., mengucapkan selamat datang kepada tim Itjenau dan rombongan serta mengapresiasi pelaksanaan pengujian bukti dan dokumen, observasi serta wawancara atas penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kosekhanudnas III, Lanud Soewondo, Wing III Paskhas.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kegiatan pelaksanaan pengujian bukti dan dokumen, observasi serta wawancara atas penilaian mandiri maturitas SPIP yang terdiri atas unsur lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian informasi dan komunikasi dari pemantauan pengendalian intern.   Dimana SPIP merupakan  proses  integral  yang  dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh personel untuk tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Itjenau Kolonel Adm Dwi Dedi Gunawan menyampaikan bahwa SPIP merupakan upaya pemerintah guna memenuhi pasal 58 Undang Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, yaitu menyelenggarakan sistem pengendalian intern di lingkungan Pemerintah secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas satuan kerja, oleh karena itu setiap satuan kerja diwajibkan menyelenggarakan SPIP seperti tertuang secara rinci dalam peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 2008.  

Tujuan penilaian maturitas ini adalah untuk menentukan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP khususnya di Kosekhanudnas III, Lanud Soewondo dan Wing III Paskhas.  Dengan kesimpulan hasil penilaian terhadap penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat menunjukkan tingkat Maturitas penyelenggaraan SPIP berada pada level terdefinisi atau level 3 dari 5 level maturitas SPIP.

Kegiatan tersebut dihadiri Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb J.H. Ginting, S. Sos., Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E., para Asisten Kosekhanudnas III, Kadislog Lanud Soewondo dan para Perwira Kosekhanudnas III, Lanud Soewondo dan Wing III Paskhas.

Baca juga:  PANGKOSEK HANUDNAS II PERTAMA KALI AMBIL APEL PAGI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel