Berita

PENINJAUAN LATIHAN EVAKUASI KORBAN

Dibaca: 9 Oleh 03 Des 2013Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Wiriadinata Kapten Lek Jajang Rismanto didampingi Kalambangja dan Kapentak Lettu Sus R Rambe beserta anggota Ops Lanud Wir, melaksanakan peninjauan route tempat yang akan dipakai Latihan Search and Rescue (SAR) jatuhnya pesawat, Senin (2/12) di kaki Gunung Galunggung yang berada di wilayah desa Cipanas, Kecamatan Sukaratu, tepat sekitar kurang lebih 17 km dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Team berangkat dari Lanud Wiriadinata langsung menuju lokasi start di Kecamatan Padakembang dengan berjalan kaki memasuki hutan dan menaiki lereng-lereng gunung Galunggung untuk mencari lokasi yang tepat sebagai titik kordinat jatuhnya pesawat. Setelah melaksanakan perjalanan selama 2 jam, disepakati bersama tempat latihan sebagai titik kordinat jatuhnya pesawat. Kemudian team melanjutkan perjalanan kembali untuk mencari route jalan alternatif terdekat ke jalan raya dari lokasi jatuhnya pesawat, untuk mengevakuasi dan memberikan pertolongan lebih lanjut kepada korban.

Kapentak Lanud Wiriadinata Lettu Sus R Rambe dalam penjelasannya mengatakan pininjaun ini dilaksanakan dalam rangka latihan operasi SAR yang akan diadakan pertengahan bulan Desember mendatang, dan rencananya akan melibatkan beberapa unsur instasi baik dari TNI AU, TNI AD dan POLRI. “Latihan SAR gabungan ini diselenggarakan dalam upaya menciptakan hubungan sinergitas yang saling melengkapi baik dalam menjalin kordinasi saat terjadinya musibah maupun dalam pelaksanaan tindakan pada kejadian khusus yang diperlukan adanya suatu kerjasama”.

Baca juga:  MANFAATKAN LAHAN KOSONG DENGAN BERTANAM PEPAYA

Latihan dan Kordinasi ini sangat penting, karena apabila terjadi suatu kejadian atau musibah yang harus menurunkan bantuan SAR, para personel baik dari TNI/Polri ini dapat melaksanakan operasi SAR dengan cepat, tepat, efektif dan berhasil dengan maksimal.“ ..Jelasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel