Berita

Pentingnya Stimulus Pada Anak Usia Emas 0-3 Tahun

Dibaca: 263 Oleh 13 Sep 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Usia anak 0 sampai 3 tahun adalah usia emas bagi tumbuh kembang anak. Di usia itu anak yang bagaikan kertas putih akan menyerap segala informasi dan apapun yang mereka lihat maupun dengar sehingga akan mengisi kertas putih yang masih bersih tersebut bagai goresan-goresan pena. Dengan alasan itulah Ketua Yasarini Lanud Abd Saleh, Ny. Atik Djoko Senoputro memberikan perhatian lebih untuk pendidikan anak-anak usia 0 sampai 3 tahun di Lanud Abd Saleh melalui PAUD dan mengadakan sosialisasi tentang PAUD Posyandu Kamis (8/9), di Pendopo Pagas Singosari Malang.

Sosialisasi tersebut menghadirkan Ibu Lilik, kepala sekolah TK Angkasa 2 Pagas untuk memberikan penjelasan akan pentingnya stimulasi untuk tumbuh kembang anak usia 0 sampai 3 tahun. Bu Lilik menjelaskan bahwa apapun yang dilihat, didengar dan diajarkan kepada anak-anak usia ini akan mereka rekam dan berperan dalam perkembangan mereka hingga dewasa. Beliau mencontohkan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh pengasuh paud beserta siswanya yang berupa menyobek kertas saja dapat menstimulus perkembangan otak anak-anak. Hal yang bisa juga diajarkan oleh orang tua dirumah, tapi dengan berada di PAUD anak-anak akan distimulus secara terus menerus dan terpantau perkembangannya. Setiap kegiatan yang dilakukan di PAUD berguna dan berperan untuk perkembangan motorik kasar dan halus anak, bahkan pengajaran yang dilakukan oleh para pengasuhnya tidak sembarangan tetapi mengacu pada kurikulum dan ada buku panduannya.

Baca juga:  RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN PROTAP DI WINGDIKUM

Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 3 daerah II Lanud Abd beserta para Pengurusnya yang turut mendengarkan sosialisasi ini, juga para orang tua dan anak-anak balita mereka yang sudah maupun belum mengikuti sekolah PAUD sangat serius dan setuju diadakannya sosialisasi seperti ini. Ny. Atik mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara agar para orang tua memahami pentingnya memberikan stimulus yang benar kepada anak pada usia ini dan meningkatkan minat para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di PAUD agar perkembangan otak anak-anak mereka berkembang sesuai yang diinginkan dengan pengawasan dan stimulus yang diberikan melalui kegiatan-kegiatan di PAUD oleh para pengasuhnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan setelah kegiatan posyandu, yang juga dilaksanakan dalam rangka HUT PIA Ardhya Garini ke- 60. Gedung Posyandu yang tepat berada disamping Pendopo semakin memudahkan kegiatan sosialisasi ini. Para orang tua beserta balitanya yang telah melaksanakan penimbangan dan pemberian obat cacing bergeser ke pendopo untuk mengikuti sosialisasi PAUD ini.

Baca juga:  16 PRIA DAN 8 WANITA SIAP IKUTI SELEKSI PUSAT

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel