Berita

Penutupan Latihan Pengamanan Vip Di Lanud Abd

Dibaca: 14 Oleh 27 Nov 2014Tidak ada komentar
Penutupan Latihan Pengamanan Vip Di Lanud Abd
#TNIAU 

Pagi ini, Kamis, (27/11) jalan raya menuju Bandara dan Lanud Abd Saleh macet total dikarenakan warga Malang melakukan demo besar-besaran berkaitan dengan kenaikan harga BBM yang dirasakan sangat memberatkan kehidupan rakyat. Sebagian besar warga Malang menuntut agar harga BBM diturunkan karena dampaknya mengakibatkan semua kebutuhan mengalami kenaikan yang sangat menyulitkan masyarakat bawah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Demo tersebut dilakukan bersamaan dengan RI-1 yang landing di Lanud Abd Saleh hendak mengadakan kunjungan kerja di Kota Malang.

Sehubungan dengan itu, Pasukan Khas TNI AU dari Batalyon Komando (Yonko) 464, Detasement Matra 2, dan Denbravo Paskhasau bekerja sama dengan Kodim 0818 dan Polres Malang melakukan pengamanan VVIP berkaitan dengan Kunjungan kerja RI-1 tersebut, sekaligus mengamankan masa yang melakukan demo menuntut penurunan harga BBM. Atas koordinasi dan kerja sama yang baik antara prajurit TNI AU, Kodim 0818 dan Polres Malang, pergerakan RI-1 dapat berjalan lancar dan masa yang berdemo dapat diamankan tanpa tindakan kekerasan. Hingga kegiatan RI-1 di Malang selesai, kondisi Malang sekitarnya tetap aman dan kegiatan RI-1 juga berlangsung aman.

Baca juga:  KETUA PIA AG DAERAH I KOOPSAU I KUNJUNGI PIA LANUD SUPADIO

Peristiwa yang sangat menegangkan tersebut merupakan Skenario Latihan Pengamanan VVIP yang dilaksanakan oleh Korp Paskhasau di Lanud ABd Saleh. Latihan yang dilaksanakan selama empat hari (24-27/11) tersebut melibatkan 450 personel yang terdiri dari satu pasukan setingkat kompi dari Mako Korpaskhas, Pusdiklat Paskhas, Satbravo ‘90, Denhanud 474 Yogyakarta, Denmatra 2 dan Yonko 464 Paskhas. Selama tiga hari para peserta latihan dibekali dengan berbagai materi yang berkaitan dengan operasi pengamanan VVIP yang pelaksanaannya dilakukan di daerah latihan areal Lanud Abd Saleh dan sekitarnya.

Hari ini (Kamis, 27/11) merupakan puncak Latihan Pengamanan VVIP yang digelar di Lanud Abd Saleh ditandai dengan simulasi latihan dan berjalan sangat menegangkan, karena diasumsikan RI-1 hadir pada saat itu, sehingga semua personel latihan tergerak untuk serius dalam setiap tahan pergerakan latihan. Wal hasil simulasi latihan terlaksana dengan lancar nyaris seperti pelaksanaan pengamanan VVIP yang sebenarnya. Kesungguhan para peserta selama mengikuti latihan, benar-benar ditampilkan pada hari ini, mereka benar-benar serius dalam melaksanakan latihan ini karena sebagai seorang prajurit mereka sadar benar bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit Paskhas dalam rangka mencegah, mengatasi dan menanggulangi setiap ancaman yang akan terjadi dalam melaksanakan tugas pengamanan VVIP.

Baca juga:  Waspadai aksi terorisme, geng motor dan Cyber Narcoterorism

Latihan tersebut diakhiri dengan Upacara Penutupan yang dipimpin oleh oleh Asisten Operasi Kas Korpaskhasau, Kolonel Psk Wahyu Hidayat di lapangan apel Yonko 464 Paskhas. Upacara dihadiri Kadisops Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Fairlyanto, ST., Kadislog Lanud Abd, Kolonel Tek Semri Bija, S.E., para pejabat Lanud Abd Saleh, Yonko 464 Paskhas, Detasemen Matra 2, Depo Har 30, Kodim 0818, Polres Malang, Danramil Pakis, Kapolsek Pakis dan undangan lainnya.

Dankorpaskhas, Marsda TNI M. Harpin Ondeh, SH., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asops Kas Korpaskhas, menyampaikan bahwa latihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan serta profesionalitas para prajurit, juga digunakan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang tugas-tugas berkaitan dengan pengamanan VVIP yang disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel