Berita

Penutupan Latprajab CPNS TNI AU

Dibaca: 19 Oleh 23 Mei 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Kadisminpersau Marsma TNI Mawardi, S.E bertindak selaku inspektur upacara pada acara penutupan pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan II CPNS TNI AU tahun anggaran 2011 yang dilaksanakan di lapangan upacara staff II Lanud Sulaiman. Acara tersebut juga dihadiri para pejabat di jajaran Lanud Sulaiman dan para undangan, (21/5). 

Dalam sambutannya disampaikan bahwa sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2000, Diklat Prajabatan merupakan upaya meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS. Sehingga PNS TNI AU mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa demi tetap tegaknya NKRI. 

”Dengan berakhirnya Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan di Skadik 203 Lanud Sulaiman Bandung ini, saya berharap para mantan siswa telah mengetahui dan memiliki pengetahuan serta nilai tambah selama proses pembelajaran yang standar Kurikulum ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara,” kata Kadisminpersau. 

Menurut Kadisiminpersau bahwa dengan selesainya Diklat Prajabatan ini para mantan siswa sekalian telah memiliki salah satu persyaratan utama untuk dapat diangkat dari CPNS menjadi PNS 100 persen. Diklat Prajabatan ini hakekatnya merupakan langkah awal menuju perjalanan karir dalam organisasi TNI Angkatan Udara. 

Baca juga:  Peringatan Hari Ibu Ke 90 Thn 2018 di Lanud D. Dumatubun

Satu hal yang harus diingat oleh para mantan siswa, bahwa dengan telah selesainya mengikuti Diklat Prajabatan ini, maka para siswa mempunyai tanggung jawab moral untuk dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama pendidikan dan pelatihan di tempat tugas masing-masing. Ditegaskan pula bahwa para CPNS TNI AU harus mampu melaksanakan tugas di bidang pekerjaan masing-masing secara profesional, serta mampu membantu pimpinan dalam memberikan masukan dalam mengidentifikasi permasalah, dan mem­beri­kan saran-saran solusi pemecahannya. Terlebih dalam menghadapi tugas kedepan yang semakin komplek PNS bersama prajurit harus bersatu padu menghadapi tugas TNI khususnya TNI Angkatan Udara dalam menjaga wilayah kedaulatan NKRI di udara. 

Mengakhiri sambutan, Kadisminpersau menyampaikan lima penekanan kepada para lulusan dan para anggota, yaitu pertama bentengi diri dan keluarga dari segala ancaman Narkoba dan lainnya dengan cara meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, Jagalah persatuan dan kesatuan dimanapun saudara bertugas agar terbentuk Team Work dalam melaksanakan tugas dengan baik. Ketiga, tingkatkan disiplin pribadi, dedikasi dan loyalitas terhadap organisasi untuk membangun etos kerja. Keempat, Kenali diri dalam organisasi dimana posisi, peran, tugas, fungsi, dan kewenangan agar tidak keluar dari ketentuan yang berlaku. Kelima, tingkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan dengan tidak berhenti untuk belajar baik formal maupun non formal. 

Baca juga:  Exit Birefing Pangkosekhanudnas II

Pendidikan dan latihan Prajabatan golongan II CPNS TNI AU yang dilaksanakan selama tiga minggu tersebut diikuti oleh 228 siswa CPNS TNI AU. Terpilih sebagai siswa lulusan terbaik peringkat pertama diraih atas nama CPNS Rudi Hasbullah dari kesatuan dr. Salamun Bandung, peringkat kedua dari Lanud Sukani atas nama CPNS Bina Sungkawarman, dan peringat ketiga dari Dispenau Mabesau atas nama CPNS Rina Suhartini. Usai upacara penutupan, para lulusan menerima ijasah yang diserahkan langsung oleh Kasubdisminpns Kolonel Adm Wayan Suwantika, S.E. di gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman. Untuk Selanjutnya, terhitung mulai tanggal 24 Mei 2011 para CPNS mengikuti pendidikan latihan dasar militer (latsarmil) selama empat minggu di Skadik 204 Lanud Sulaiman.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel