Berita

Penutupan Pendidikan Taruna AAU

Dibaca: 705 Oleh 06 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP hari Kamis (6/7) akan memimpin Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) sekaligus Wisuda Sarjana lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2017, bertempat di Gedung Sabang Merauke (GSM) Kampus AAU, Bumi Maguwo,Yogyakarta.

Tahun ini AAU meluluskan sebanyak 117 sarjana bergelar Sarjana Terapan Pertahanan atau S.Tr.(Han) berdasarkan PerMenDikBud RI Nomor 154 Tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi dan berdasarkan Surat Danjen Akademi TNI Nomor B/169-12/10/154/Akd tgl 10 April 2017 tentang Gelar Kesarjanaan Akademi Angkatan dari tiga program studi (prodi), masing-masing program studi Aeronautika Pertahanan, Elektronika Pertahanan, dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan. Selanjutnya pada tanggal 25 Juli yang akan datang, mereka akan dilantik dan disumpah menjadi Perwira Remaja (Paja) TNI bersama lulusan Akmil dan AAL oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Dirgantara Kampus AAU, Yogyakarta.

Terpilih sebagai lulusan terbaik AAU adalah Sersan Mayor Satu Taruna Bernardinus Yoga Kristian . Bernard lahir di Bantul tanggal 26 Mei 1995, putra pasangan Bapak Yuniyanto (Tani) dan Ibu Catharina Suharyanti (Guru SMP) memiliki banyak prestasi baik bidang akademis,kepribadian dan kesemaptaan jasmani selama menjalani 4 tahun pendidikan di Akademi Angkatan Udara. Alumni SMA Taruna Nusantara Tahun 2013 ini juga merupakan Ketua Lembaga Musyawarah Taruna di organisasi Wingkorpstar. Pada Upacara Praspa nanti Bernard akan menerima anugerah Adi Makayasa dari Presiden bersama lulusan terbaik Akmil, AAL dan Akpol. Memiliki cita-cita tinggi sebagai Presiden RI , Bernard memiliki kiat dalam mencapai keberhasilannya yaitu: Selalu melakukan sesuatu yang terbaik agar menghasilkan hal yang baik dan maksimal. Fokus dan teliti dengan apa yang sedang dilakukan, Merencanakan kegiatan dengan matang, bersyukur atas semua pencapaian hidup dan selalu berusaha meningkatkan, dan terakhir selalu ikhlas dan bisa mengambil hikmah atau makna peristiwa dalam melaksanakan setiap proses pendidikan.

Baca juga:  Kosek Hanudnas II Laksanakan Latihan Nembak

Tupdik dan Wisuda tahun ini juga terasa sangat istimewa karena AAU akan meluluskan 12 orang Taruni angkatan pertama masukan tahun 2012 . 5 orang Taruni berhasil masuk ke deretan peraih Predikat Cum Laude (IPK diatas 3,5) bersama 9 orang Taruna lainnya. Sermatutar Yhusrina Asti merupakan Taruni berprestasi terbaik yang meraih IPK 3,69, sekaligus merupakan lulusan terbaik majoring Teknik Manajemen Industri. Asti lahir di Gresik tanggal 1 Desember 1994. Lulusan SMA Taruna Nusantara ini bercita-cita menjadi Penerbang ini merupakan putri ke 2 dari 2 bersaudara dari Bapak Sri Setyadi (Karyawan Petrokimia Gresik) dan Ibu Juni Budi Astuti (PNS). Yhusrina menyatakan bahwa keberhasilannya menjalani pendidikan di AAU adalah dengan selalu mengingat apa yang menjadi dorongan dalam menjalankan pendidikan dan selalu ingat pada kebahagiaan orang tua. Tidak harus menjadi yang terbaik, tetapi jangan pernah memalukan diri sendiri dan keluarga, ucapnya.

Sebelum acara Tupdik dan Wisuda Sarjana telah dilaksanakan rangkaian kegiatan, yakni serta ceramah pembekalan oleh tiga Asisten Kasau (Asops, Aspers, Asrena) dan ceramah kepemimpinan dari Marsekal TNI (Pur) Djoko Suyanto dan Prof. Dr. Heru Kurnianto, tradisi mandi suci, bhakti capaja berupa kegiatan sosial ke Panti Asuhan dan pembersihan area Ksatrian AAU, pamitan kepada Gubernur DIY, Kirab dan display drumband Gita Dirgantara di sepanjang Jalan Malioboro dan Alun-alun Utara serta Passing Out Parade yaitu tradisi pelepasan Taruna atau Capaja.

Baca juga:  KUNTAR : DARI TARUNA TNI RAPATKAN BARISAN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel