TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Penutupan TMMD Ke-101 TA. 2018 Wilayah Kalimantan Selatan

DSC_05644

TNI AU. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Abbdul Haris, M.MPol., MMOAS.,  beserta Satu SST Pasukan dari Lanud Sjamsudin Noor mengikuti Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 di Kecamatan Tabunganem Kabupaten Baritokuala. Kamis, (3/5).

Upacara Penutupan TMMD ke-101 TA. 2018 tersebut dipimpin langsung dan secara resmi ditutup oleh Danlanal Banjarmasin  Letkol Laut (P) Wijayanto,  selaku Inspektur Upacara. Dalam amanatnya irup mengatakan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD merupakan bagian dari kegiatan pembangunan yang difokuskan pada wilayah Desa, karena TMMD dilaksanakan melalui tahapan perencanaan yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat ditingkat awal dan selanjutnya dibahas secara terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. Kehadiran TNI ditengah masyarakat untuk bersama-sama membangun desa khususnya selama 21 hari pelaksanaan TMMD mempunyai arti dan peran strategis membangkitkan kembali semangat kebersamaan, gotong royong, serta menumbuhkan kembali nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa. Dengan kembalinya semangat gotong royong serta pola hidup berdasarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa, diharapkan akan lahir kembali rasa kebersamaan yang tinggi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa yang pada gilirannya mewujudkan kesejahteraan, keamanan dan kemajuan.

Kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang sangat strategis dan efektif, baik dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan tema TMMD ke – 101 tahun 2018 yaitu “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”. Oleh karenanya, ini merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama mendekatkan TNI dengan rakyat, sehingga makin mencintai dan dicintai oleh rakyatnya. Kesemuanya itu, semata-mata untuk mendorong pembangunan masyarakat wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang lebih makmur dan sejahtera. Turut hadir pada upacara tersebut Pejabat Kodam VI Mulawarman, Pimpinan SKPD Kabupaten dan Kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan masyarakat Tabunganem.

Diharapkan dengan telah dilaksanakan TMMD ini mampu menyentuh dan memberikan kesadaran kepada masyarakat agar kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat terus dipertahankan dan berkembang secara mandiri oleh masyarakat setempat, tanpa menunggu kegiatan-kegiatan tersebut masuk ke daerah mereka kembali. Disamping itu juga, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk semakin mempererat rasa kekeluargaan di antara masyarakat dan TNI. Dengan begitu, akan terjalin rasa saling respek dan saling membutuhkan di antara TNI dan masyarakat.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Penutupan TMMD Ke-101 TA. 2018 Wilayah Kalimantan Selatan