Berita

PENYAKIT “JANTUNG” BISA MENYERANG SIAPA SAJA

Dibaca: 23 Oleh 01 Feb 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, usia muda juga rentang terhadap penyakit yang satu ini , penyebabnya adalah pola hidup manusia sekarang memang sarat akan kerapuhan, padahal jantung adalah organ terpenting bagi pastinya seseorang bisa hidup, disampaikan dr Fatchurochman, Sp. JP., sepesialis penyakit jantung Rumah Sakit Tingkat II Salamun Ciumbuleuit, Bandung, pada acara ceramah kesehatan yang diselengarakan oleh Lanud Husein Sastranegara di Gedung Graha Antariksa Senin (31/1).

Lebih lanjut dr Fatchurochman mengatakan, penyakit jantung yang banyak diderita pada saat ini adalah jantung koroner, penyakit Jantung Koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung, dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, yang kesemuannya akan memepersempit atau penyumbat pembulu darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Anggina Pectortis (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat dikenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Baca juga:  Lanud Zam Berpartisipasi Donor Darah Peringati Hari kanker Anak Sedunia

Menurut dr. Fatchurochman ada beberapa faktor resiko terpenting penyakit jantung Koroner adalah Kadar Kolestrol Total dan LDL tinggi, Kadar Kolestrol HDL rendah, Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), Merokok, Diabetes Melitus, Kegemukan, Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga, Kurang olah raga dan Stres.

Ceramah kesehatan yang dihadiri seluruh anggota Lanud Husein Sastranegara, diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan bagi seluruh anggota tentang pentingnya pola hidup sehat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel