Berita

Penyegaran Keterampilan Damkar Bagi Personel Bekmatpus

Dibaca: 10 Oleh 27 Okt 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Sekitar 150 personel Perbekalan Materiil Pusat (Bekmatpus) TNI AU yang markasnya di dalam Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (26/10) mengikuti penyegaran keterampilan pemadaman bahaya kebakaran. Penyegaran diberikan oleh Kapten Tek Muji Mulyono, staf PK Lanud Halim Perdanakusuma bersama satu anggota di hadapan pejabat Bekmatpus seperti Kepala Bekmatpus Kolonel Kal Hidayat Januardi, para perwira, bintara, tamtama dan PNS Bekmatpus TNI AU.

Dalam penjelasannya Kapten Tek Muji Mulyono antara lain menjelaskan bahaya kebakaran oleh api merupakan salah satu musibah yang harus ditangani secara cepat agar tidak merambat dan menambah kerugian yang lebih besar. Terdapat beberapa metode pemadaman api, saat kebakaran yaitu dengan karung goni basah dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Di samping metode pemadaman, personel yang berupaya memadamkan api, hendaknya dilengkapi perlengkapan yang aman seperti mengenakan helm, kaos tangan anti api, sepatu dan lainnya.

Usai penjelasan teknik pemadaman api, selanjutnya diperagakan cara pemadaman api di lapangan voli Bekmatpus TNI AU oleh Kapten Tek Muji Mulyono. Tiap-tiap peserta perwakilan dari perwira, bintara, tamtama, PNS dan Wara mencoba untuk melaksanakan pemadaman menggunakan karung basah dan APAR. Kegiatan tersebut dapat berjalan lancar, tanpa ada kendala. Menurut Kepala Dinas Pembinaan Bekmatpus TNI AU Letkol Kal Leodin Siagian, kegiatan latihan pemadaman kebakaran merupakan program kerja Bekmatpus TNI AU guna mencegah bahaya kebakaran di markas dan menyegarkan pengetahuan personel Bekmatpus TNI AU dalam menangani kabakaran.

Baca juga:  PT Angkasa Pura II SSK II Bersinergi Dengan Lanud Rsn Bagikan Sembako

Ditambahkannya personel Bekmatpus TNI AU merupakan anggota TNI AU yang tugasnya antara lain menerima, mengolah, memeriksa, menyimpan dan menyalurkan berbagai barang inventaris dan materiial TNI AU. Sehingga kemampuan untuk bertindak cepat saat bahaya kebakaran diperlukan agar barang materiial TNI AU terhindar dari bahaya kebakaran/kerusakan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel