Berita

PENYEGARAN TENAGA PENDIDIK DI LANUD SULAIMAN

Dibaca: 12 Oleh 27 Agu 2014Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Para tenaga pendidik (gadik) yang tergabung dari empat skadik, yaitu skadik 201,202, 203, dan 204 menerima penyegaran dan pencerahan tentang teknik pembelajaran ilmu mengajar (didaktik) dari Mayor Pnb Agni Prayogo selaku Kasiuji Profesi Lambangja Kodikau, Rabu (27/08), yang dilaksanakan di gedung balai prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung. 

Dalam paparannya disampaikan pengertian ilmu mengajar adalah ilmu yang memberikan prinsip tentang cara-cara menyampaikan bahan pelajaran dengan baik sehingga mudah diterima dan dikuasai oleh peserta didik. Dijelaskan bahwa lingkup didaktik ada dua, yaitu, didaktik umum dan didaktik khusus yang meliputi metodik umum dan khusus. Metodik umum terdiri atas rencana pelajaran, jalan pelajaran, sikap dan gaya mengajar, metode mengajar, alat-alat pelajaran. Sedangkan metodik khusus, yaitu menguraikan tentang cara mengajar untuk setiap mata pelajaran. 

Lebih lanjut diuraikan pula tentang nilai-nilai dan tujuan mata pelajaran, prinsip atau asas didaktik yang meliputi motivasi, komunikatif, apersepsi, peragaan, ulangan, korelasi, konsentrasi, individualisasi, sosialisasi, dan evaluasi. Dijelaskan pula tentang pengajar yang cerdas dan hal-hal lain yang terkait dengan pengajaran termasuk persiapan alin/alongins yang diperlukan dalam kegiatan pengajaran sehingga mampu menunjang metode pendidikan dan pengajaran secara optimal. 

Baca juga:  Fly Pass Pesawat Tempur TNI AU Meriahkan HUT Kemerdekaan

Disamping itu dipaparkan pula tentang pengembangan diri (self development) sebagai tenaga pendidik yang harus mau belajar dan mengembangkan diri dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, perilaku kerja gadik dapat menunjukkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga didik. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel