Berita

Penyembelihan Hewan Kurban di Lanud Raja Haji Fisabilillah

Dibaca: 17 Oleh 04 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H, Keluarga Besar Lanud Raja Haji Fisabilillah dan masyarakat menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Acara penyembelihan hewan kurban tersebut dilaksanakan setelah melaksanakan Sholat Idul Adha, Jumat (1/9) bertempat di Mesjid.

Sholat Idul Adha diikuti seluruh anggota dan masyarakat sekitar Mesjid. Dalam sambutannya Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Ign. Wahyu Anggono. S.E., M.M. mengatakan Qurban bermakna bagaimana manusia mendekatkan diri kepada Tuhannya, dengan kerelaan dan tulus ikhlas, yang dilakukan semata-mata hanya karena Allah SWT. Ibadah Qurban mampu membunuh sifat buruk yang melekat pada diri setiap insan seperti kebakhilan, kerakusan, egoistis, individualistis serta menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginan. Dalam konteks ini kita dididik agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.

Sementara penceramah Bpk Muhammad Syarif, Lc menyampaikan Pada hakekatnya setiap hamba siap berkurban setiap saat jika ingin dekat kepada Allah SWT dan sesama manusia. Qurban juga menunjukkan kapatuhan, ketundukan serta kesetiaan kepada Alla termasuk didalamnya hubungan antara orang tua dan anak seperti yang ditunjukkan nabi Ibrahim dan putranya dimana karena Allah Ismail rela dikorbankan oleh ayahnya sendiri. Allah SWT tidak menginginkan darah dan daging dari hewan qorban yang disembelih, melainkan keikhlasan dan kerelaan dari seorang hamba.

Baca juga:  Lanud Hsn Dukung Kegiatan Penerjunan Paradas TNI AD

Sebelum penyembelihan hewan qurban acara diawali dengan penyerahan hewan kurban berupa sapi secara simbolis dari Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Ign. Wahyu Anggono. S.E., M.M.. kepada panitia pelaksana penyembelihan hewan Kapten Kal Edang yang sehari-harinya menjabat sebagai Kasi Kalmat Lanud Raja Haji Fisabilillah. Selanjutnya Penyerahan hewan kurban dari Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun yang diwakili oleh Asisten II Pemerintahan Prov. Kepri Asisten Perekonomian dan Pembangunan provinsi Kepri Samsul Bahrum kepada Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah serta penyerahan Hewan Kurban dari Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang diwakili staf Pemko Tanjungpinang kepada Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1438 H, di Lanud Raja Haji Fisabilillah kali ini terdiri dari empat ekor sapi dan 3 ekor kambing, satu sapi dari Danlanud, satu dari Gubernur Kepri, datu dari Walikota Tanjungpinang serta satu dari gabungan Lanud Raja Haji Fisabilillah. Pembagian daging hewan kurban diberikan kepada fakir miskin, warga serta seluruh anggota Lanud.

Baca juga:  Latihan Pendahuluan Yonko 462 Paskhas

Acara penyembelihan hewan kurban tersebut disaksikan oleh Asisten II Pemerintahan Prov. Kepri Asisten Perekonomian dan Pembangunan provinsi Kepri Samsul Bahrum, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, staf Pemko Tanjungpinang, anggota Lanud RHF beserta warga sekitar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel