Berita

Penyerahan Ribuan Buku Karya Marsekal (Purn) Chappy Hakim di AAU

Dibaca: 17 Oleh 17 Jan 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 01 16 at 15.37.07 3
#TNIAU 

TNI AU. Dalam rangka menumbuhkan minat baca dan upaya mewujudkan budaya literasi sekaligus peningkatan kualitas sumber daya manusia di tanah air, Marsekal (Purn) Chappy Hakim menghibahkan ribuan hasil karyanya berupa buku-buku bacaan dari 40 judul buku, kepada Universitas Gadjah Mada, Akademi Angkatan Udara, Lanud Adisutjipto, dan Muspusdirla di gedung Sabang Merauke, Kesatrian AAU, Yogyakarta, Jum’at (14/1/2022).

Marsekal (Purn) Chappy Hakim merupakan tokoh nasional Alumni AAU tahun 1971, dan  pernah menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan Udara era tahun 2002 sampai dengan 2005, dikenal sebagai penulis puluhan judul buku tentang kedirgantaraan dan pengalaman hidupnya. Bahkan mantan Gubernur AAU tahun 1997-1999 ini pernah mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam peluncuran salah satu bukunya.

Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso dalam sambutannya menjelaskan bahwa Indonesia dan negara berkembang lainnya tingkat minat bacanya masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan banyak hal, dan salah satunya bisa jadi karena minimnya ketersediaan ragam buku yang menantang untuk dibaca. Oleh karena itu, perlu adanya upaya-upaya yang serius untuk meningkatkan minat baca yang bisa dimulai dari memperkaya ragam bacaan yang selama ini tidak banyak ditemui atau minim referensi.

Baca juga:  Intelligence Exchange TNI AU - RSAF 2021

“Kita sangat bersyukur di tengah keprihatinan terhadap rendahnya minat baca masyarakat dan minimnya ketersediaan ragam bacaan, Marsekal (Purn) Chappy Hakim hadir untuk menyerahkan buku yang beliau tulis sendiri, berdasarkan keilmuan dan pengalamannya sebagai insan dirgantara,” ungkap Nanang Santoso

Marsekal (Purn) Chappy Hakim menegaskan bahwa hidup ini harus berbagi, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi sesuatu yang bermanfaat, saling membantu diantara kita, khususnya  dalam meningkatkan kualitas generasi muda insan dirgantara Indonesia melalui upaya peningkatan minat baca dan budaya literasi. “Minat baca harus terus ditingkatkan guna menambah wawasan dan pengetahuan seiring dengan kemajuan bangsa melalui wawasan kedirgantaraan,” ungkap Chappy Hakim.

Sementara Rektor Universitas Gadjah Mada Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng, Phd., IPU, ASEAN.Eng., mengungkapkan bahwa capaian yang diraih Marsekal (Purn) Chappy Hakim sangat luar biasa dalam meningkatkan pengetahuan bagi generasi muda penerus bangsa, khususnya tentang kedirgantaraan melalui karya-karyanya saat ini, termasuk dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bermuara pada pengembangan kualitas SDM generasi muda.

Baca juga:  Danwingdikum: Manfaatkan Waktu untuk Belajar dan Berlatih

Hadir pada acara penyerahan buku, Marsekal (Purn) Chappy Hakim, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng, Phd., IPU, ASEAN.Eng., Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah, Wagub AAU Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M., Kamuspusdirla Kolonel Sus Yuto Nugroho, para pejabat, Dosen dan Karbol AAU. (penaau/2022).

WhatsApp Image 2022 01 16 at 15.37.07 2

WhatsApp Image 2022 01 16 at 15.37.07 1

WhatsApp Image 2022 01 16 at 15.37.06

WhatsApp Image 2022 01 16 at 15.37.05

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel