Berita

Penyuluhan dan Pemeriksaan Pap Smear dan Kanker Servick di Lanud Tanjungpandan

Dibaca: 9 Oleh 23 Des 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Dalam rangka memeriahkan peringatan hari ibu pada tanggal 22 Desember 2011, Pia Ardhya Garini cabang 11 Daerah I Lanud Tanjungpandan mengadakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear dan kanker servick bagi ibu-ibu anggota Pia AG dan untuk masyarakat umum. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di Kantor Pia AG Lanud Tanjungpandan sedangkan untuk pelaksanaan pemeriksaannya dilaksanakan di poliklinik Lanud Tanjungpandan bekerjasama dengan BKKBN kabupaten Belitung.

Kanker servick sendiri merupakan penyakit ganas yang menyerang pada alat reproduksi perempuan yang berusia antara 35 hingga 50 tahun, maka dari itu kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan perhatian lebih kepada kaum ibu-ibu mengingat betapa besar dan agungnya pengabdian ibu-ibu dalam menjaga regenerasi umat manusia, sudah sewajarnya diberikan perhatian khusus terutama dalam momentum peringatan hari ibu tahun ini. Mengingat berdasarkan data yang ada Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penderita kanker servick tertinggi di dunia.

Dalam sambutannya ketua Pia AG cab 11/D.I Lanud Tanjungpandan Ny Triswan Larosa mengatakan bahwa, mencegah lebih baik daripada mengobati oleh karena itu untuk mengantisipasi penyakit ini serta untuk memastikan kondisi fisik, diperlukan pemeriksaan secara berkala minimal ibu-ibu dapat melaksanakan pemeriksaan pap smear minimal Dua tahun sekali. Mengingat masa pertumbuhan penyakit ini cukup lama dimana masa preinvasif atau pertumbuhan sel yang tidak wajar sebelum mengganas antara Lima hingga Duapuluh tahun dimulai dari tahap infeksi sampai dengan menjadi kanker servick yang nyata.

Baca juga:  Pusdiklat Paskhas Buka Kursus Senjata Bantuan Lintas Datar dan Lengkung

Dengan kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu terhadap bahaya kanker servick sejaligus memahami reproduksi yang sehat untuk melahirkan generasi penerus yang cerdas,sehat dan potensial. Dan juga dapat mengetahui gejala-gejala yang timbul apabila penyakit ini sudah menyerang karena gejala fisik dari penyakit ini akan terlihat saat penderita sudah mencapai tahap stadium lanjut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel