Berita

Penyuluhan HIV AIDS dan IMS (Infeksi Menular Seksual) di Kosekhanudnas II Makassar

Dibaca: 510 Oleh 19 Sep 2018Tidak ada komentar
Penyuluhan HIV AIDS dan IMS (Infeksi Menular Seksual) di Kosekhanudnas II Makassar
#TNIAU 

TNI AU.  Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama TNI Andi Heru Wahyudi, bersama para Asisten dan warga Mako Kosekhanudnas II dan juga dikuti Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 03 Kosekhanudnas II beserta ibu-ibu Pengurus mengikuti ceramah kesehatan yang bertajuk Pencegahan penyakit menular Sexual HIV AIDS di Kosekhanudnas II Makassar, Rabu (19/09).

HIV-AIDS Merupakan virus yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh. Bila sistem kekebalan tubuh manusia sudah rusak atau lemah maka manusia akan mudah terserang berbagai macam penyakit yang ada di sekitar kita. Untuk Mengantisipasi penyebaran penyakit AIDS/HIV dikalangan Prajurit, maka Makokosekhanudnas II, Makassar mengelar penyuluhan kesehatan yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Permata Cibubur.

Dalam penyuluhan Kesehatan tentang HIV/AIDS dan IMS yang dibawakan oleh dr. Dewi Inong Irana, SpKK dari Dinas Kesehatan rumah sakit Permata Cibubur mengatakan bahwa AIDS adalah kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh. atau Human Immuno deficiency Virus adalah virus yang hanya dapat menginfeksi manusia dan membuat tubuh manusia turun sistem kekebalannya sehingga tubuh gagal melawan infeksi dan virus ini karaktetistiknya adalah memproduksi diri sendiri di dalam sel manusia sedangkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh yang di dapat.

Baca juga:  Danlanud Soewondo Pimpin Apel Khusus Sambut Tahun Baru 2020

HIV didapatkan melalui darah, cairan seperma, cairan vagina dan air susu ibu. Penularan melalui ibu yang terkena HIV kepada bayi yang dikandungnya dapat terjadi selama proses kehamilan, proses persalinan dan menyusui. AIDS tidak menular lewat ciuman, pelukan, WC,sentuhan alat makan, nyamuk dan tinggal serumah. Perilaku beresiko tinggi terinfeksi HIV melalui suka berganti ganti pasangan.

IMS (Infeksi Menular Seksual) adalah infeksi yang salah satu cara penularannya melalui hubungan seksual dengan pasangan yang sudah tertular, baik hubungan seks melalui vagina, oral dan anal.Penularan IMS Juga dapat terjadi melalui darah dan dari ibu kepada bayinya. Hubungan IMS dengan HIV saling keterkaitan dimana IMS mempermudah masuknya HIV, maka penderita IMS lebih mudah terkena infeksi HIV.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut anggota mendapatkan tambahan ilmu di bidang kesehatan khususnya tentang bagaimana mencegah HIV AIDS dan IMS.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel