Berita

Penyuluhan Hukum di Kohanudnas

Dibaca: 34 Oleh 07 Nov 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Badan Pembinaan Hukum TNI (Babinkum TNI) mengadakan penyuluhan Hukum kepada seluruh anggota Makohanudnas terkait masalah tindak pidana narkotika, Hukum Laut, Hukum Udara di Aula Leo Wattimena Kohanudnas, Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (6/11). 

Bertempat di Aula Leo wattimena, Asren Kohanudnas Kolonel Pnb Andjar Sungkowo beserta para Asisten menerima tim Babinkum TNI yang di pimpin Letkol Chk Zulkarnain, adapun anggotanya terdiri dari Letkol Chk Sri Widyastuti, Letkol Laut Kh Wens Kapo dan Letkol Sus Wilder Boy, yang masing masing menyampaikan materi tentang Pidana Narkotika, Hukum Laut dan Hukum Udara .

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asren Kohanudnas Kolonel Pnb. Andjar Sungkowo mengatakan bahwa masih banyak pelanggaran-pelanggaran hukum yang dilakukan oleh anggota TNI, dan bagi yang melanggar tentu akan ada sanksinya. oleh karena itu, diharapkan dengan adanya penyuluhan hukum ini akan menambah wawasan anggota sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kesalahan.

Untuk itu kepada seluruh anggota yang hadir agar mendengarkan, memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan oleh para penceramah, sehingga tidak akan melakukan pelanggaran hukum di masa-masa mendatang. 

Baca juga:  Panglima Kosekhanudnas III Membuka TMMD Ke-93 di Kecamatan Medan Amplas

Letkol Chk Sri Widyastuti, SH menjelaskan tentang bahaya narkoba yang sampai saat ini penyebaran dan penyalahgunaanya sudah hampir tak bisa dicegah, mengingat hampir seluruh penduduk dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir.

Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba, tegasnya. Sedangkan pada materi Pelanggaran Hukum di Laut Letkol L Kh Wens Kapo menegaskan, sebagai negara kepulauan sesuai pasal 4 UU NO 6 Thn 1966 Kedaulatan Negara Republik Indonesia di perairan Indonesia meliputi laut teritorial, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman serta ruang udara di atas laut teritorial, perairan kepulauan, dan perairan pedalaman serta dasar laut dan tanah di bawahnya termasuk sumber kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Sedangkan Hukum Udara yang di disampaikan oleh Letkol Sus Wilder Boy menjelaskan tentang pelanggaran yang terjadi di udara dan kita sebagai TNI harus selalu siap untuk melindungi NKRI. Sampai saat ini belum ada satupun yang mengatur secara tegas tentang pengawasan terhadap aktifitas kapal dan pesawat udara asing.

Baca juga:  JADIKAN MOMENTUM HUT KOOPSAU UNTUK INTROSPEKSI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel