Berita

Peran AAU-UNY dalam bidang pendidikan di daerah 3T

Dibaca: 5 Oleh 15 Nov 2011Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

DIKLAT PPGT-3T DI BUKA DI AAU

Diklat Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi-Didaerah Terluar, terdepan dan tertinggal(PPGT-3T) dilaksanakan di AAU, Mulai Senin (14/11) dan akan berakhir tanggal (18/11). Dibuka oleh Direktur Pengkajian AAU Kol Sus Soepomo, S.IP.MSc. dan dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Nurvina Aznam dan pejabat teras UNY.

Kerjasama ini merupakan implementasi MoU/09/VI/2009/14 Juni 2009 antara AAU dan UNY. Menurut wakil Rektor I UNY “saya sangat prehatin dengan kondisi yang ada di daerah kita terutama yang berada di daerah perbatasan. Waktu itu saya bersama rombongan mengunjungi wilayah perbatasan kita melalui darat. Betapa sedihnya saya, anak-anak kita diwilayah kita namun diajarkan dengan mengunakan kurikulum Negara tetangga dan menghormat bendera tetangga.” Dan seperti gayung bersambut AAU juga sedang menimba ilmu di UNY dengan program Pekertinya. Kerjasama ini akhirnya berlanjut setelah masing-masing pihak saling menjajaki.

“AAU terpanggil sebagai lembaga pendidikan tinggi, yang mempunyai SDM yang dapat membekali guru-guru yang akan diterjunkan ke daerah 3T”. Ungkap Kol Sus Soepomo, S.IP, MSc. Disamping itu saya masih melihat adanya peluang untuk meningkatkan peran AAU/TNI AU dalam menyiapkan tenaga pendidik di daerah 3T. Sehingga jelas TNI AU hadir di daerah 3T dalam menyiapkan SDM di bidang pendidikan. Imbuhnya.

Baca juga:  Lanud Sulaiman Buka Dua Pendidikan Kejuruan Paskhas

Program PPGT-3T ini merupakan program pemerintah dalam menambah jumlah pendidik di daerah 3T, sedang yang sekarang dididik di AAU berjumlah 63 orang berasal dari NAD, NTT dan Papua. Di UNY sendiri mereka sudah menjalani pendidikan selama 3 bulan dan menurut rencana akan menyelesaikan pendidikan di UNY selama 5 tahun, dengan system paket.

Selama menjalani diklat di AAU, peserta latihan akan diberikan 18 materi, yang nantinya akan bermuara kepada kedisiplinan, bela Negara, pendidikan karakter dan nasionalisme. Dan diharapkan setelah dari diklat para peserta mempunyai tingkat kedisiplinan yang diharapkan, kemampuan bersosialisasi baik dengan alam maupun lingkungan serta terbentuk pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang memenuhi standar sebagai seorang guru. Disamping itu Diklat ini juga akan membekali ketrampilan–ketrampilan praktis disesuaikan dengan kondisi mereka berasal.

Program kerjasama ini merupakan salah satu agenda dari AAU dalam mengembangkan diri sebagai upaya menciptakan AAU sebagai pusat keunggulan sains dan teknologi kedirgantaraan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel