Berita

PERAYAAN DHARMA SANTHI HARI RAYA NYEPI

Dibaca: 18 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Warga Lanud Ngurah Rai bersama masyarakat sekitar Lanud melaksanakan Perayaan Dharma Santhi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1932/2010 M di Gedung serba Guna Lanud Ngurah Rai, dihadiri Komandan Lanud Ngurah Letkol Pnb Aldrin P. Mongan beserta Ibu, Bendesa Adat Tuban Bapak I nyoman Sewena , Kelian Banjar Pesalakan Bapak Wayan Muliana , dan Kelian Banjar Tuban Griya Bapak I Nyoman Jiwa.Rabu, (24/3).

 

Ketua Panitia Dharma Santhi Lanud Ngurah Rai Kapten POM I Gede Putu Sugiarta dalam laporannya menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan acara Darma Santhi ini, sebelumnya telah dilaksanakan upacara melasti yaitu menyucikan simbol-simbol (pretima) Tuhan kelaut. Tawur/Caru untuk menyucikan alam semesta dan membina hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, Manusia dengan manusia dan manusia dengan alam lingkungan sekitar dan pada sore Harinya sebagai wujud dari Bhuta Khala diarak Ogoh-ogoh (berupa Raksa ) dengan tujuan untuk menetralisir sifat yang buruk agar menjadi baik. tibalah saatnya Hari Raya Nyepi pada saat itu umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian yaitu Amati Geni tidak menyalakan api, untuk mengendalikan Marah, Nafsu sex dan pikiran kotor lainya. Amati Karya tidak melaksanakan kerja fisik agar dapat melaksanakan tapa Brata , Yoga, Semadhi. Amati Lelungan tidak berpergian keluar rumah. Amati Lelanguan tidak menikmati keindahan hiburan. Setelah selesai Nyepi dilaksanakan Ngembak Geni, berbuka puasa dan saling mengunjungi, maaf memaafkan yang lebih dikenal dengan Sima Krama Dharma Santhi.

Baca juga:  Lanud El Tari Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M.

 

Pada kesempatan itu Komandan Lanud Ngurah Rai mengucapkan selamat hari raya Nyepi kepada seluruh anggota yang melaksanakan Hari Raya Nyepi Komandan yang berasal dari Kota Manado ini menekankan bahwa inti dari pelaksanaan Nyepi ini adalah sebagai salah satu wahana untuk dapat lebih menghayati makna simakrama kehidupan baik selaku insan hamba Tuhan maupun selaku insan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Tema perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1932/2010 M ”Jadikan Hikmah Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1932/2010 M sebagai landasan memelihara persatuan dan dan kesatuan demi keutuhan wilayah dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

 

Sesuai dengan tema Komandan menekankan untuk menyongsong tugas-tugas yang semakin berat dalam era Reformasi yang penuh keterbukaan ini diperlukan kualitas kejuangan yang lebih baik dan mampu membangun masyarakat yang harmonis dan damai, serta terwujudnya kerukunan antar umat beragama guna menjadi prajurit Sapta Marga yang memiliki keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga:  TK ANGKASA IKUTI KARNAVAL SE- KOTA TASIKMALAYA

 

Diakhir acara Dharma Shanthi dilaksanakan salam-salaman/saling maaf dan menikmati makan malam bersama.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel