Berita

PERAYAAN IDUL FITRI 1431 HIJRIAH DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 3 Oleh 16 Sep 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Bertempat di Lapangan Sepak Bola Lanud Suryadarma, Komandan Lanud Suryadarma, Kalijati Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., beserta para anggota dan masyarakat sekeliling pangkalan mengadakan Sholat Id bersama sebagai puncak puasa Ramadhan 1431 Hijriah, Jumat (10/9). Sholat Id dilaksanakan sekitar pukul 06.30 WIB didahului dengan sambutan Danlanud Suryadarma dan laporan penerimaan dan pembagian zakat oleh Ketua DKM Masjid Jami Ar Rohman Mayor Kal Dedy Yulianto.

Dalam Sambutannya Danlanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio, S.Sos diantaranya menyatakan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan mengandung hikmah yang banyak, baik dari fisik maupun mental kita. Bagi fisik, tubuh kita digembleng untuk dapat menahan haus, lapar serta nafsu tercela lainnya selama 12 jam setiap harinya agar sistem tubuh dapat beristirahat dan melakukan peremajaan.  Bagi mental dan jiwa, melalui puasa, batin dan jiwa  kita dilatih untuk taat, tunduk dan patuh pada agama juga merasakan sedikit penderitaan dan kekurangan yang dialami oleh fakir miskin yang hidupnya serba terbatas setiap harinya.  Sehingga puasa mampu menumbuhkan rasa peduli dan kasih sayang kita terhadap    mereka     yang     kurang    beruntung    untuk menyantuninya agar tidak mengalami penderitaan dalam kehidupannya.

Baca juga:  Makna Galungan Dan Kuningan 2016 Di Lanuid Ngurah Rai

Sementara itu penceramah Nurmas Hidayat S. Pd.I., dari Departemen Agama Subang mengungkapkan manfaat puasa sebagai pendidikan umat yaitu manfaat adanya pengawasan dari Allah Subhana Wa taala terhadap segala tindakan kita agar ibadah puasa kita tidak batal. Kemudian manfaat pengendalian hawa nafsu syaitaniyah yang senantiasa menggoda manusia kepada perbuatan tercela.  Juga pendidikan kasih sayang yaitu merasakan penderitaan orang lain sehingga timbul kasih sayang terhadap sesama.  Di sampaikan pula mengenai prinsip-prinsip ajaran Agama Islam sebagai agama bagi semesta alam yaitu pertama larangan memaksa orang lain untuk masuk agama Islam, kedua berpijak kepada fitrah manusia, ketiga tidak memberatkan umat manusia dan keseteraan derajat di hadapan Allah SWT.

Dalam Sholat Id tersebut dihadiri pula oleh Letkol Pnb Daan Sulfi, Msi, Komandan Skadron Udara 7, Letkol Tek Akbar Yunus ,MM Kepala Dinas Logistik dan pejabat lainnya. Kemudian diadakan salaman antarjamaah, selanjutnya bertempat di kediaman Danlanud Suryadarma hingga tengah hari diadakan open house bagi seluruh anggota yang tinggal di Kalijati dan sekitarnya.

Baca juga:  Tim Voli Putra Putri Wingdikum Raih Juara

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel