Berita

Perayaan Iduladha 1440 Di Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid

PERAYAAN IDULADHA 1440 DI LANUD TGKH. M. ZAINUDDIN ABDUL MADJID
#TNIAU 

TNI AU. Keluarga besar Lanud ZAM dan warga masyarakat kota Mataram melaksanakan shalat IdulAdha 1440 H di lapangan Dirgantara Lanud ZAM Minggu (11/08) bertindak selaku Imam adalah TGH. Nasrullah dan bertindak selaku khatib adalah Ustadz Drs. Husni Thamrin, M.Pd.

Komandan Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Kolonel Nav Budi Handoyo, M.Tr(Han)  dalam sambutannya mengatakan, bahwa Idul Adha ini merupakan wujud rasa syukur kita atas berbagai kenikmatan yang telah kita peroleh, serta ujud ketaatan kepada perintah Allah SWT supaya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

Sementara itu khatib ustadz Drs. Husni Thamrin, M.Pd., menyampaikan dalam ceramahnya  bahwansanya Ibadah kurban yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh umat Islam adalah bentuk i’tibar atau pengambilan pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim As. dan Nabi Ismail As tentang totalitas kepatuhan kepada Allah subhânahu wata’âla. Nabi Ibrahim yang mendapat julukan “khalilullah” (kekasih Allah) mendapat ujian berat pada saat rasa bahagianya meluap-luap dengan kehadiran sang buah hati di dalam rumah tangganya. Lewat perintah menyembelih Ismail, Allah seolah hendak mengingatkan Nabi Ibrahim bahwa anak hanyalah titipan. Anak—betapapun mahalnya kita menilai tak boleh melengahkan kita bahwa hanya Allahlah tujuan akhir dari rasa cinta dan ketaatan.

Nabi Ibrahim lolos dari ujian ini. Ia membuktikan bahwa dirinya sanggup mengalahkan egonya untuk tujuan mempertahankan nilai-nilai Ilahi. Dengan penuh ketulusan, Nabi Ibrahim menapaki jalan pendekatan diri kepada Allah sebagaimana makna kurban, yakni pendekatan diri. Sementara Nabi Ismail, meski usianya masih belia, mampu membuktikan diri sebagai anak berbakti dan patuh kepada perintah Tuhannya. Ayahnya  Nabi Ibrahim As. menyampaikan perintah Allah dengan memohon pendapatnya terlebih dahulu, dengan tutur kata yang halus, tanpa unsur paksaan. Atas dasar kesalehan dan kesabaran yang ia miliki, ia pun memenuhi panggilan Tuhannya.

Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan penyerahan hewan kurban oleh Danlanud ZAM di Masjid Al Ianah Asrama Lanud ZAM kepada panitia kurban Lettu Lek Edi Ismanto yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban berupa 3 ekor sapi dan 10 ekor kambing yang akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, yatim serta masyarakat sekitar Asrama TNI AU ZAM yang berhak menerimanya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel