Berita

PERBAIKI CITRA BANGSA DI MATA DUNIA

Dibaca: 7 Oleh 17 Jul 2013Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Negara kita saat ini telah memiliki citra dan posisi yang berbeda dalam percaturan internasional dibandingkan dengan beberapa dekade terakhir. Kita telah mampu menanggalkan citra keterpurukan, citra instabilitas dan citra konflik yang dulu pernah membara dimana-mana. Demikian sambutan Panglima TNI yang dibacakan oleh Komandan Wing II Paskhas Kolonel Psk Budi Sumarsono pada upacara tujuh belasan yang diikuti oleh seluruh pejabat dan anggota Lanud Abd Saleh beserta Insub, bertempat di Taxy Way Lanud Abd Saleh (17/7).

Pencapaian keberhasilan tersebut karena pembangunan nasional menunjukkan hasil yang positif, dimana pembangunan ekonomi telah mendorong terwujudnya harapan besar terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat sehingga menjadi lebih baik di bandingkan tahun sebelumnya. Lanjutnya. Namun demikian, sebagai komponen utama pertahanan dan keamanan negara, tni masih harus dihadapkan kepada tantangan yang tidak ringan dan semakin kompleks, khususnya dikawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, sebagai akibat adanya potensi konflik yang disebabakan oleh benturan kepentingan ataupun rivalitas antara kekuatan-kekuatan besar di kawasan tersebut.

Baca juga:  Cegah Covid-19, Anggota Kohanudnas Cek Suhu Tubuh

Kepada seluruh prajurit TNI, agar senantiasa mencermati perkembangan situasi keamanan regional dan nasional, serta perkembangan pembangunan di daerah masing-masing, dengan terus meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan, guna mengantisipasi setiap perkembangan yang dapat mengganggu proses pembangunan. Dengan demikian implementasi TNI dalam mewujudkan tugas-tugas yang diemban negara, dapat terlihat dari keikutsertaan mengisi pembangunan nasional.

Turut di bahas masalah kebakaran hutan yang baru-baru ini terjadi di Indonesia, telah melibatkan 1.526 prajurit, 28 sortie penerbangan pesawat militer c-130 dan c-235 serta berbagai peralatan pemadaman, dan mengintruksikan kepada seluruh jajaran satuan TNI, untuk menyusun dan melaksanakan pemuktahiran rencana tindakan kontijensi, rencana tanggap darurat dan rencana pemulihan serta rencana latihan dan prosedur pengendalian hutan dan lahan untuk senantiasa bersiaga dan melakukan langkah-langkah awal dalam mencegah dan mengurangi kasus-kasus kebakaran dalam konteks tugas perbantuan kepada pemerintah daerah.

Di akhir sambutannya Panglima mengharapakan kepada seluruh prajurit untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk dijadikan landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas dan pengabdian, sebagai landasan spiritual agar tidak terjerumus pada tindakan primitif penyalahgunaan narkoba, atau tindakan lain yang merugikan diri, satuan masyarakat, bangsa dan negara. Para prajurit juga untuk senantiasa memegang teguh serta mengamalkan komitmen netralitas TNI dalam politik praktis. Selain itu para prajurit agar selalu mencermati dan menyikapi setiap perkembangan lingkungan yang terjadi di sekitarnya dengan arif dan hati-hati, khususnya yang berkaitan dengan nilai-nilai dan adat istiadat setempat agar terhindar dari mispersepsi maupun salah dalam memberikan komentar sehingga kontra produktif dengan tujuan semula.

Baca juga:  Dua Anggota Muspusdirla Purna Tugas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel