TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

PERESMIAN GAPURA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA OLEH PANGKOOPSAU I

By 19 Jun 2012 10:39Berita
BAE-IAF_0214

Marsekal Muda (Marsda) TNI Bagus Puruhito selaku Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) melaksanakan kunjungan kerja ke Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Husein Sastranegara sekaligus meresmikan “Gapura Lanud Husein Sastranegara“ yang baru selesai dibangun, Bandung, Senin (18/6).

Menggunakan pesawat Herkules VIP dengan tail number A-1341, rombongan yang berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, tiba di Bandung pukul 08.40 WIB dan disambut langsung oleh Komandan Lanud Husein, Kolonel Penerbang Umar Sugeng Hariyono, S.IP., SE., MM., beserta seluruh Kepala Dinas dan para pejabat lainnya. Seusai refreshment sejenak di Wisma Sompil Basuki, rombongan dipandu langsung menuju Gapura Lanud yang akan diresmikan dengan sebelumnya diperlihatkan oleh Danlanud foto gapura sebelum dan sesudah dibangun, tampak dari dalam maupun dari luar.

Tidak banyak upacara simbolis yang dilaksanakan, setelah penandatanganan prasasti oleh Pangkoopsau I, rombongan langsung menuju Ruang Rapat Lanud untuk menyimak Laporan Komando yang disampaikan oleh Danlanud serta menerima pengarahan dari Pangkoopsau I.

Pangkoopsau I mengapresiasi upaya pangkalan untuk membangun gapura sebagai identitas terluar dari lanud, sehingga paling tidak masyarakat sipil yang melintas atau melaksanakan kegiatan di Bandara Husein paham bahwa mereka sebenarnya memasuki wilayah militer yang tingkat pengamanan dan keamanannya cukup tinggi.

Dalam laporan komandonya, Danlanud menyampaikan program kerja yang telah dilaksanakan baik berupa pembangunan sarana dan prasarana yang mendapat anggaran dari negara maupun pembangunan swadaya oleh pangkalan sendiri, sampai dengan program latihan yang telah dan akan dilaksanakan, demikian pula rencana pelaksanaan Turnamen Volly Danlanud Cup pada bulan Juli 2012 dan Bandung Air Show (BAS) bulan September mendatang. Beberapa permasalahan yang dihadapi serta upaya yang telah ditempuh dalam mengatasinya dari seluruh dinas dan seksi yang ada di jajaran Lanud Husein.

Sementara pengarahan Pangkoopsau I menekankan terhadap moralitas prajurit TNI Angkatan Udara sejalan dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., dalam upaya mewujudkan postur prajurit yang bermoral baik dengan menjauhi hal-hal yang bersifat negatif seperti narkoba, WIL/PIL, minuman keras, “Dan yang terpenting jangan sampai terkena penyakit AIDS/HIV, karena umumnya penyakit tersebut didapat dari pergaulan sex yang tidak sehat“, demikian penegasan Pangkoopsau I.

Diakhir arahannya, Pangkoopsau juga berpesan agar terus menjaga kesiapan dalam mendukung operasi penerbangan, tertib penggunaan senjata api, tingkatkan sense of security serta hemat energi. Tentunya dengan harapan apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh

seluruh tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab masing-masing dapat terlaksana secara optimal.

Danlanud pun menerima sumbangan mesin potong rumput yang diserahkan secara simbolis oleh Pangkoopsau I sebanyak dua buah untuk mendukung upaya menjaga kebersihan dan keindahan wilayah pangkalan.

Setelah memberikan pengarahan Panglima berkenan meninjau lokasi pembangunan tower base operation yang baru menggantikan tower lama yang letaknya tidak begitu jauh dari tower lama, dilanjutkan meninjau lokasi peruntukan Mess Bintara dekat lapangan futsal. Serta sesampainya di Wisma Sompil kembali diperagakan motor ATV karya siswa SMK Angkasa. Demo penggunaan motor ATV oleh salah satu siswa menarik perhatian rombongan Panglima ditambah lagi atraksi motor dimiringkan dengan hanya dua roda menyentuh tanah.

Rombongan Panglima kembali ke Jakarta pukul 12.51 WIB menggunakan pesawat yang sama dengan penerbang Letkol Pnb Eko Sujatmiko, yang juga selaku Komandan Skadron Udara 32 Halim Perdanakusuma.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PERESMIAN GAPURA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA OLEH PANGKOOPSAU I