Kodiklatau

Peresmian Renovasi Museum Adi Soemarmo Dan Tugu Kopral Semi

Oleh 10 Apr 2019 April 11th, 2019 Tidak ada komentar
Peresmian Renovasi Museum Adi Soemarmo Dan Tugu Kopral Semi
#TNIAU 

TNI AU. Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B. S.Sos., menandatangani prasasti renovasi Tugu Semi dan renovasi Museum Adi Soemarmo bertempat di Tribun Lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo, Selasa (9/4).

Hadir menyaksikan penandatanganan prasasti, Suprapto putra Almarhum pejuang TNI AU Kopral Semi, Dandepohar 50 Kolonel Lek Budi R. Leman, para pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/ Gabungan II Lanud Adi Soemarmo Ny. Laely Indan Gilang serta seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil.

Acara yang digelar seusai upacara peringatan HUT ke-73 TNI AU ini selain penandatanganan prasasti renovasi Tugu Kopral Semi dan Museum Adi Soemarmo juga dilaksanakan penyerahan bantuan CSR ( Corporate Social Responsibility ) dari Bank Mandiri ke Lanud Adi Soemarmo yang diterima Danlanud Adi Soemarmo.

Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B.S.sos.,dalam sambutannya menyampaikan tujuan renovasi baik Tugu Kopral Semi maupun Museum Adi Soemarmo adalah selain agar lebih baik dan menarik di lingkungan Lanud, juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pejuang dan pendahulu TNI AU yang telah gugur mengorbankan jiwa raganya demi bangsa dan negara.

“Kepada para Danskadik, saya minta agar para siswa diawal pendidikan pertama, bisa diprogramkan untuk bisa mengunjungi Museum Adi Soemarmo dan Tugu Semi, ini penting dilakukan agar bisa berubah pola fikir siswa dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AU yang mempunyai semangat juang, berjiwa patriot dan nasionalis” ujarnya.

Seusai acara penandatanganan prasasti di lanjutkan peninjauan Danlanud Adi Soemarmo dan putra Almarhum Kopral Semi, ke Tugu Kopral Semi.

Kopral Semi sebagai anggota Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) gugur pada waktu meledakkan dan menghancurkan landasan Panasan pada tanggal 18 Desember 1948, hal ini dimaksudkan agar tidak dapat digunakan lagi oleh pihak Belanda dan memperlambat gerakannya.

Tugu kopral Semi berlokasi di dalam Lanud Adi Soemarmo, 30 meter selatan Pos Jaga Lanud, sedangkan Museum Adi Soemarmo berlokasi di lingkungan perkantoran Penerangan dan Perpustakaan (Pentak ).

 

 

Terkait

Komentar

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel