TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringatan Hari Bakti TNI AU Ke-71 Di Lanud Iskandar

IMG_0511

TNI AU. Lanud Iskandar peringati hari Bakti ke-71 TNI AU digelar di lapangan Apel Mako Lanud, dengan inspektur upacara Komandan Lanud Iskandar Letnan Kolonel Ade Fitra dan Lettu Kal Mulyadi ( Kasi Angkutan Udara)  bertindak selaku Komandan Upacara serta Letda Lek Erry sebagai perwira upacara, Hadir sebagai tamu undangan diantaranya serta para sesepuh TNI AU  dan PIA Ardhya Garini Cab 13/D II LAnud Iskandar. Minggu (29/7).

Peringatan Hari Bhakti yang jatuh pada Tanggal 29 Juli, mempunyai makna yang sarat dengan nilai-nilai kejuangan, makna ini sangat berarti bagi TNI Angkatan Udara. Pada tanggal tersebut, tepatnya 29 Juli 1947, ada 2 peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, khususnya TNI Angkatan Udara.

Peristiwa yang pertama adalah keberhasilan Angkatan Udara Republik Indonesia dalam melakukan serangan udara terhadap kedudukan militer Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga. Serangan udara ini merupakan serangan udara yang pertama kali dilakukan oleh Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan tiga kadet penerbang TNI AU masing-masing Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani dan Kadet Sutarjo Sigit dengan menggunakan dua pesawat Cureng dan satu Guntei.

Sedangkan peristiwa kedua yang terjadi pada tanggal tersebut adalah tertembaknya pesawat Dakota VT-CLA yang mengakibatkan gugurnya para perintis Angkatan Udara Republik Indonesia, yaitu Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, Komodor Muda Udara A. Adisutjipto dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo Wirjokusumo.

Dalam sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang di bacakan Komandan Lanud Iskandar Letkol Pnb Ade Fitra  menyampaikan “saya mengingatkan kepada seluruh prajurit pada pelaksanaan tugas dalam menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI, tidak akan pernah akan lepas dari aspek kehidupan bermasyarakat Kita lahir dari rakyat, kita adalah abdi negara yang bekerja untuk kepentingan rakyat.

Sehingadiperlukan kerja sama yang baik, kompa dan sinergis bersama rakyat dalam setiap melaksanakan tugas tugas yang diemban.

Pada kesempatan itu  diakhir peringatan hari bakti ke 71 tahun 2018 Komandan Lanud Iskandar Letnan Kolonel Pnb Ade Fitra membagikan Tali asih keada para purnawirawan dan para kauri yang hadir idalam upacara peringatan hari bakti di Lanud Iskandar dan acara dilanjutkan ramah tamah.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Hari Bakti TNI AU Ke-71 Di Lanud Iskandar