Berita

PERINGATAN HARI BHAKTI KE 63 TNI AU DI PUSATKAN AAU

Dibaca: 10 Oleh 29 Jul 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Lapangan Udara Maguwo 63 tahun yang lalu telah mengukir sejarah bagi bangsa Indonesia dan TNI AU khususnya. Dari Lapangan udara inilah ketiga Kadet Mulyono, Kadet Sutarjo sigit dan Suharnoko harbani berangkat untuk menyerang tiga kota Semarang, Salatiga dan Ambarawa. Ketiga kota inilah menjadi kedudukan militer Belanda. Dari Lapangan Udara inilah cikal Hari Bhakti TNI AU ini ada. AAU yang menempati lokasi di Lap udara maguwo tepat sekali digunakan diselenggarakannya Up Hari Bhakti ke 63. Nilai historis yang sengaja di bangun untuk mengenang peristiwa Sejarah 63 tahun yang lalu.

 

Upacara peringatan Hari Bhakti ini diawali oleh Lap dari perwira upacara dan dikomandoi oleh Kolonel Pnb kusworo, SE.MM. beritndak sebagai Irup (inspektur Upacara) Kasau Marsekal Imam Sufaat, S.IP mantan Gubernur AAU. Upacara yang diwarnai dengan pemeriksaan pasukan diikuti oleh Tujuh SSK (Satuan Setingkat Kompi), dan I Wing Karbol, baik dari AAU maupun Lanud Adisutjipto. Pasukan yang terlibat terdiri dari, satu SSK (Perwira Menengah), satu SSK Pama (Perwira Pertama) gabungan, satu Wing karbol, tiga SSK Gab lanud dan AAUserta satu SSK Pegawai Negeri Sipil gabungan.

Baca juga:  Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2017 Di Markas Kohanudnas

 

Kasau dalam amanatnya menegaskan ”uapacara ini, merupakan puncak rangkaian peringatan, sebagai upaya mengenang keteladanan, pengabdian dan pengorbanan para pejuang Angkatan Udara dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga mempertegas komitmen generasi muda angkatan udara untuk senantiasa mengaktualisasikan nilai perjuangan tersebut dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Peringatan diharapkan dapat memberikan makna yang berarti, demi masa depan pengabdian TNI AU dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.”

 

Kasau mengingatkan kondisi faktual, mengharuskan kita untuk berfikir kreatif, rasional, dan sinergis dalam mencari solusi terbaik, serta kompak dalam melangkah dan bertindak. Pemahaman profesionalisme tidak cukup dimaknai dengan penguasaan keahlian, namun harus disertai pula kualitas moral yang merupakan bagian dari jati diri TNI.

 

Sebelum Upacara Hari Bhakti ke 63 ini kemarin telah dilaksanakan Bakti sosiall yang dilaksanakan di Kota Kupang Propinsi NTT, Ziarah ke ngoto, Sambung rasa, Napak tilas penerbangan, upacara Hari Bhakti dan upacara Wisuda Purna Wira Patii TNI AU.

Baca juga:  KARYA BAKTI TNI MANUNGGAL BINPOTDIRDA LANUD TANJUNGPANDAN TAHUN 2012

 

Sedang untuk Wisuda Purna Wira Pati TNI AU akan mewisuda 27 Perwira Tinggi (Pati) dari bintang satu hingga bintang tiga. Acara ini merupakan bentuk penghargaan TNI AU kepada para senior dan sesepuh yang selama ini telah mendharma bhaktikan jiwa dan raganya untuk TNI AU.

 

Marsdya Ida Bagus Sanubari SE. yang menjabat terakhir Kasarbanas menjadi Wisudan yang dituakan yang akan memimpin wisudawan lainnya. Wisuda Purna Wira Pati akan dilaksanakan di Handrawina, AAU dengan Irup Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP. Acara Wisuda Purna Wira Pati ini akan diakhiri oleh acara tradisi Karboll Passing out Parade.

 

Disela-sela acara Wisuda Purna Wira Pati TNI AU ini Kasau juga akan meresmikan dengan penanda tanganan Gerbang AAU Bromo 1 yang dilakukan di Handrawina dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan secara simbolis disekitar Masjid AAU. (penerangan AAU)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel