Berita

PERINGATAN HARI BHAKTI TNI ANGKATAN UDARA KE 63 DI LANUD WOLTER MONGINSIDI

Dibaca: 6 Oleh 02 Agu 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Tidak terasa sudah 63 tahun peristiwa tragis yang merupakan aksi balas atas serangan membabi buta  oleh peswat-pesawat Belanda pada tanggal 21 Juli 1947 di wilayah RI sudah berlalu. Peristiwa tersebut mengakibatkan semua awak pesawat dan penumpang gugur kecuali satu penumpang atas nama Bpk Abdulgani Handonotjokro. Tiga tokoh perintis Angkatan Udara Republik Indonesia ikut gugur dalam peristiwa tersebut, yaitu: Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor  Muda Udara Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wiryokusumo. Suasana berkabung pun mewarnai Angkatan Udara Republik Indonesia yang telah kehilangan putera-putera terbaiknya justru disaat tenaga dan pikiran emasnya masih sangat diperlukan untuk membesarkan Angkatan Udara Republik Indonesia. Pengorbanan tokoh-tokoh pejuang tersebut merupakan bukti dan bakti pengabdian Angkatan Udara Republik Indonesia kepada bangsa dan negara.

Pada hari ini tanggal 29 Juli 2010 Lanud WMI memperingati Hari Bhakti TNI Angkatan Udara untuk mengenang peristiwa tersebut. Dimulai pukul 08.00 Wita Upacara digelar di lapangan Mako Lanud WMI. Bertindak selaku Inspektur  Upacara Komandan Lanud WMI Letkol Pnb Arifioen Sjahrir dan bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Pom Eko Mujiono. Dalam sambutan KASAU yang dibacakan oleh Inspektur Upacara disampaikan bahwa Semangat perjuangan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang diwariskan para pendahulu dalam peristiwa bersejarah tersebut, senantiasa menjadi inspirasi dan semangat yang terpelihara di dada setiap prajurit TNI Angkatan Udara hingga saat ini.  Sikap tersebut selanjutnya dijadikan nilai moral dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara dalam situasi dan kondisi apapun. Oleh karena itu sangat tepat jika ”Dilandasi Semangat Patriotisme dan Dedikasi yang Tinggi, Prajurit TNI AU Siap Untuk Memberikan yang Terbaik Bagi Bangsa dan Negara” sebagai tema peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara.

Baca juga:  Lanud Yohanis Kapiyau Kembali Gelar Vaksin Sinovac Lanjutan Untuk Usia 12 - 17 Tahun

Turut hadir sebagai undangan diantaranya unsur TNI, Polri, Bandara, PPAU, P3AU, dan unsur pemerintahan.Upacara ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Bhakti yang dimulai dari acara bhakti sosial, donor darah, tanam pohon, dan ziarah rombongan.

Dengan peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ke 63 semoga jiwa pengorbanan, perjuangan, dan kepahlawanan akan tetap terpatri di dada setiap prajurit TNI Angkatan Udara dimanapun berada.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel