Berita

Peringatan Hari Ibu Ke 90 Thn 2018 di Lanud D. Dumatubun

IMG_9887
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke 90 Lanud Dominicus Dumatubun (Dmn) menyelenggarakan upacara peringatan yang bertempat di Apron Pangkalan Udara Dominicus Dumatubun, Sabtu (22/12).

Adapun Petugas Upacara peringatan hari Ibu terdiri dari Irup Komandan Lanud Dmn, Komandan Upacara Lettu Kes dr. Krestyawan, Perwira Upacara Letda Kal Triantoro dan pasukan terdiri dari 1 pleton Pama, 1 pleton Ba/Ta.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Dominucus Dumatubun Letkol Pnb Sonny Irawan, S.E., M.M. membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Ibu Yohana Yembise pada pagi hari ini kita dapat hadir Bersama untuk mengikuti Upacara Bendera sebagai rangkaian terakhir dalam penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 Tahun 2018, dalam keadaan sehat wal’afiat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PHI ke-90 Tahun 2018 ini diselenggarakan setiap tanggal 22 Desember.

Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sekaligus Hari Nasional bukan hari libur.

Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan. Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan. Perjalanan panjang selama 90 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multi dimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia.

Arti penting lainnya dari PHI adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesi, terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk Bersamasama melanjutkan dan mengisi pembangunan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Atas dasar inilah, PHI ke-90 Tahun 2018 mengangkat tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Membangun Ketahanana Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa “.

Pada kesempatan PHI ke-90 ini, kami mengharapkan dapat mendorong terciptanya kesetaraan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Leave a Reply