Berita

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Lanud Sultan Hasanuddin

Oleh 01 Jun 2019 Juni 11th, 2019 Tidak ada komentar
Upacara_Kesaktian_Pancasila_2019
#TNIAU 

TNI AU. Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Demikian sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono yang dibacakan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP. selaku Inspektur Upacara memperingati Hari Kelahiran Pancasila, Sabtu (1/6) di apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. 

Upacara yang penuh khidmat itu, diikuti seluruh anggota Lanud Sultan Hasanuddin, Wing 2 Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas dan Denhanud 472 Paskhas baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil.

Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia menambahkan “Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.  Proses internalisasi sekaligus pengamanan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”.

Lebih lanjut ditambahkan, berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Presiden Jokowi berpesan dengan memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Oleh karena itu diharapakan kita dapat mengenang dan merefleksikan moment sejarah dimana pendiri bangsa telah berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara.

“Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan serta sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia”, tambahnya.

Diakhir sambutannya Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menyampaikan dengan memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga harus terus menerus dan secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. “Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”, imbuhnya.(penhnd/2019).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel