TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 Di Markas Kohanudnas

By 01 Jun 2017Berita
2015-06-02_00002

Kepala Staf Komando Pertahanan Udara Nasional (Kaskohanudnas) Marsma TNI Tamsil Gustari Malik bertindak selaku Inspektur Upacara, pada upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2017 di lapangan apel Makohanudnas, Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (1/6), diikuti para Pejabat, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Markas Kohanudnas serta Kosekhanudnas I.

Dalam sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan Kaskohanudnas disampaikan, “Komitmen Pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila”, tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan , ”Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong-royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata Internasional”, katanya.

Diakhir sambutannya Presiden menyampaikan, ”Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong-royong demi kemajuan Indonesia”, ujarnya.

Rangkaian upacara antara lain pengibaran bendera merah putih oleh tiga anggota Satprov Denma Kohanudnas, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Keppres No 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila dan Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 serta Pembacaan Sambutan. Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Sus Mukttar, S.Pd.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 Di Markas Kohanudnas