Berita

Peringatan Hari Pahlawan di Lanud Suryadarma

Dibaca: 6 Oleh 10 Nov 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Seluruh personel Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal serta para siswa Wingdiktekkal melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan , dengan Inspektur upacara Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Suryadarma Marsma TNI Suparmono di Lapangan Skadron Pendidikan (Skadik) 304 Wingdiktekkal, Kalijati. Kamis (10/11).

Dalam sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Danlanud mengatakan : “Dengan memperingati hari pahlawan setiap tanggal 10 November adalah sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kesuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan”.

“Peringatan hari pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno : semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara”.

Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan. Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil presiden Jusuf Kalla hadir dengan menawarkan visi transformatif : “terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong”.

Baca juga:  Danlanud Surabaya Mengikuti Rakernas IX/Munaslub I 2017 Pordirga Aeromodelling PB Fasi

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 november 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti : taqwa kepada Tuhan yang maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa.

Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “pemenang” yang mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2016 yaitu : “satukan langkah untuk negeri”. Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini.

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel