Berita

Peringatan Hari Pahlawan di Sidoarjo

Dibaca: 5 Oleh 14 Nov 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Rudy Iskandar menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Kamis (10/11). Upacara dipimpin oleh Bupati Sidoarjo, Bapak H. Saiful Ilah, S.H, M.Hum sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa, “Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar”.

“Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan”, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan. Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi”, lanjut Bupati Sidoarjo dalam amanat Mansos RI yang dibacakan.

Baca juga:  Airmen Tour 2019,

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan piagam penghargaan dan menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden R.I kepada tiga PNS di Kabupaten Sidoarjo.

Dan turut hadir pada upacara tersebut adalah Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Wakapolres Sidoarjo Kompol Indra Mardiana, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Andre Julian S.Ip., Ketua Kejaksaan Negeri Sidoarjo M. Sunarto SH,MH, Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Dr. Ifa Sudewi SH,M.Hum, para veteran kemerdekaan serta para pejabat TNI-Polri di wilayah kabupaten Sidoarjo.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel