Berita

Peringatan Hari Raya Idul Adha 1436 H di Pusdiklathanudnas Surabaya

Dibaca: 1 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
Peringatan Hari Raya Idul Adha 1436 H di Pusdiklathanudnas Surabaya
#TNIAU 

Keluarga besar Pusdiklathanudnas bersama dengan masyarakat di sekitar Kenjeran mengikuti Shalat Idul Adha 1436 H yang dilaksanakan di Lapangan apel Pusdiklathanudnas Surabaya. Kamis, (24/9).

Komandan Pusdiklathanudnas Kolonel Lek Akhmad Toha Bertindak selaku Khotib mengajak kepada semua hadirin untuk pandai-pandai bersyukur kepada Allah SWT atas segala anugerah yang telah diberikan kepada kita. Kita tasarufkan anugerah atau pemberian Allah untuk menuju jalan yang di ridlai-Nya terutama dalam hari dimana bagi orang-orang yang berkecukupan diperintahkan untuk melaksanakan udlhiah atau menyembelih binatang ternak untuk memenuhi perintah Allah tersebut yaitu berkorban.

Lebih lanjut dikatakan hari raya Qurban, memiliki makna kepedulian, yang berujung pada hadirnya kebersamaan dan persaudaraan. Syari’at berqurban menegaskan, bahwa Umat Islam tidak hanya menedepankan simpati antar sesama, tetapi lebih pada empati sekaligus merupakan penegasan sebagai insan beragama. Disamping itu, beragama bukan untuk menimbulkan kesengsaraan dan bukan untuk mencederai umat yang tidak bersalah, akan tetapi justru untuk saling membantu serta menguatkan hubungan kebersamaan. Oleh karena itu, momentum Idul Adha perlu dijadikan sebagai wahana introspeksi dan refleksi diri, karena di dalamnya ada unsur pendekatan diri kepada Allah SWT, serta keikhlasan dan kesabaran, yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan yang penuh rintangan dan tantangan. Dengan Idul Adha, kita dapat memberikan terobosan baru bagi keberagaman yang ada. Disamping itu, semangat Idul Adha juga dapat diwujudkan setiap waktu dan dimana saja, yaitu dengan jalan memberikan pengorbanan secara tulus dan spontan, untuk kebahagiaan sesama warga masyarakat, jelasnya.

Baca juga:  RAT Tahun Buku 2017 Primkopau Seskoau

Setelah melaksanakan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Pada kesempatan ini, hewan qurban yang terkumpul sebanyak 6 ekor sapi, 1 ekor kambing dan dibagi menjadi 1.500 kantong untuk diserahkan pondok pesantren, Yayasan yatim piatu dan kepada masyarakat sekitar Kenjeran.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel