Berita

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-81 DI SATUAN TNI AU SUBANG

Dibaca: 19 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-81 tanggal 28 Oktober 2009, Tiga Satuan TNI AU di Subang yakni Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal dan Kompi B BS Paskhas menyelenggarakan apel gabungan dihadiri sekitar 500 peserta prajurit dan PNS TNI AU di halaman Skadik 303, Wingdiktekkal, Rabu (28/10). Apel berjalan khidmat di hadiri pula oleh para pejabat ketiga satuan tersebut.

 

Sebagai pimpinan apel Kepala Dinas Personel Wingdiktekkal Letnan Kolonel Adm Prasetyo Herminto, membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso. Dalam amanatnya Panglima TNI mengingatkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI bahwa peringatan Sumpah Pemuda tahun 2009 merupakan momentum untuk melakukan refleksi historis agar kita dapat memetik pelajaran dan hikmah dari peristiwa bersejarah tersebut. Dengan mengadakan refleksi diharapkan dapat mempersegar kembali tekad, semangat dan prasetia Prajurit TNI untuk melanjutkan perjuangan pendahulu demi tetap tegaknya kedaulatan negara, keutuhan wilayah nasional dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesia.

 

Sehubungan dengan peringatan Sumpah Pemuda nilai-nilai yang dapat diambil adalah semangat perbedaan pemuda dari berbagai suku yang dilandasi oleh nilai-nilai persatuan bangsa. Hal ini amat relevan dengan posisi Prajurit TNI untuk terus-menerus memelihara dan meningkatkan kapasitas serta kualitas “Kemanunggalan TNI-Rakyat” sebagai landasan pelaksanaan pembangunan nasional. Di akhir amanatnya Panglima TNI berharap Prajurit TNI dapat mentransformasikan dan mengaktualisasikan semangat dan nilai-nilai Sumpah Pemuda sesuai tuntutan zaman, sehingga prajurit TNI dapat menjadi pelopor dan contoh bagi warga masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kepedulian, kebersamaan serta harmonisasi sosial demi persatuan dan kesatuan nasional.

Baca juga:  Lahan Kosong Mess Prajurit, Letkol Urip: Tanami Sayur – Sayuran

 

Selain di Kalijati sebagai markas tiga satuan TNI AU, di Alun-alun kota, Pemerintah Kabupaten Subang juga menyelenggarakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang diikuti berbagai unsur masyarakat, seperti Pemkab Subang, TNI, Polri, organisasi pemuda dan kota, siswa-siswa sekolah. Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Subang Ojang Sohandi dengan Komandan Upacara Kapten Sus Mohammad Hendro, perwira Lanud Suryadarma.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel