Berita

PERINGATAN HUT KE-65 TNI DI LANUD HUSEIN SASTRANEGARA

Dibaca: 7 Oleh 05 Okt 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Tentara Nasional Indonesia yang diselenggarakan di Depo Pemeliharaan (Depohar) 10 Lanud Husein Sastranegara, diikuti oleh seluruh kesatuan TNI Angkatan Udara di wilayah Bandung, Selasa (5/10).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut berlangsung kurang lebih tigapuluh menit dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Komando Pemeliharaan Materiil TNI AU (Koharmatau) Marsekal Muda TNI Ferdinand AM.

Pada upacara tersebut Irup membacakan amanat Panglima TNI yang baru beberapa hari lalu dilantik, Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. Dalam sambutannya Panglima TNI menyatakan bahwa perjalanan TNI hingga saat ini, bukan tanpa pengorbanan. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus TNI, kita sampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan para rakyat pejuang, yang telah mendedikasikan diri dan hidupnya kepada TNI, Bangsa dan Negara Indonesia, dengan senantiasa meningkatkan kualitas diri, guna memperbesar kualitas pengabdian TNI dalam pembangunan nasional.

TNI harus selalu mengasah diri untuk mencermati kecenderungan perkembangan lingkungan strategis global, regional, dan nasional. Saat ini kita dihadapkan kepada delapan kelompok ancaman keamanan bersifat actual, yaitu keamanan Selat Malaka, terorisme, separatism, pelanggaran wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, bencana alam, kegiatan-kegiatan illegal, konflik horizontal dan kelangkaan energy.

Baca juga:  Danlanud Adisutjipto Resmikan Renovasi Gereja Oikumene Lanud Adisutjipto

TNI pun berhadapan dengan ancaman keamanan yang bersifat potensial, yaitu pemanasan global, pelanggaran ALKI, pencemaran lingkungan, pandemic, krisis financial, cyber crime, dan agresi militer asing.

Untuk itu TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan antar kelembagaan dalam rangka menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal ini sesuai dengan tema peringatan TNI tahun 2010 yaitu “TNI sebagai bhayangkari Negara bersama seluruh komponen bangsa, siap menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI”.

Pada kesempatan upacara peringatan kali ini bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Tek Vidion Nugroho yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Satuan Pemeliharaan (Dan Sathar) 11 Depohar 10 Husein Sastranegara. Sementara Mayor Tek Yudi Yuliyadi, S.T., Kasi Engblik Depohar 10, sebagai Perwira Upacara dan pengucap Sapta Marga adalah Letda Tek Rahmat S.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel