TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2018 di Kalimantan Selatan

DSC_53777

TNI AU. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memperingati HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2018, upacara diperingati secara hikmat dan sederhana dalam prosesi upacara yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru dan di Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry Liang Anggang Banjarbaru, Rabu, (9/5).

Personel Lanud Sjamsudin Noor dilibatkan untuk mengikuti upacara peringatan tersebut dengan menurunkan Satu SST Pasukan Upacara di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru.

Dalam rangkaian kegiatan, pada sesi upacara di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru, tampil sebagai inspektur upacara Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Abdul Haris, M.MPol., MMOAS.  Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Resnawan, Komandan Rindam VI/MLW Kolonel Inf Iwan Ma’ruf Zainudin, Komandan Lanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Wijayanto, S.E., para Muspida Tingkat I dan Tingkat II Kalimantan Selatan, para pejabat unsur TNI/Polri, PNS, Satpol PP dan segenap elemen masyarakat serta beberapa mantan pejuang yang tergabung dalam LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Di sela-sela tabur bunga yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru, Komandan Lanud Sjamsudin Noor mengatakan bahwa makna peringatan Proklamasi 17 Mei 1945 merupakan pernyataan sejarah yang menunjukkan kegigihan, perjuangan dan komitmen untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di samping itu, ziarah ini bertujuan untuk mengingatkan kita bahwa hidup adalah sebuah pilihan, artinya, manusia punya pilihan menjadi orang yang baik atau buruk, tergantung diri pribadi masing-masing. Komandan Lanud Sjamsudin Noor juga menambahkan agar pilihan yang diambil adalah menjadi orang baik yang memberikan peranan, prestasi, dan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Ini refleksi bagi kita semua untuk meningkatkan prestasi agar ketika meninggal dunia bisa menjadi orang yang dikenang karena jasanya semasa hidup,” terang Komandan Lanud Sjamsudin Noor.

Maka diharapkan kepada seluruh warga masyarakat harus mampu memaksimalkan kemampuan dan potensi yang dimiliki agar menjadi daerah yang unggul dan maju, produktif, inovatif, menguasai iptek, cerdas, berani menghadapi perubahan, dengan upaya memberantas kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan senantiasa memelihara stabilitas, ketertiban dan keamanan yang kondusif, sebagaimana tema pada pelaksanaan peringatan kali ini yaitu “Kita Mantapkan Semangat NKRI Sebagai Pilar Pembangunan Bangsa”, sangatlah relevan untuk dijadikan fokus perhatian, karena hal tersebut turut menentukan keberhasilan dalam membangun Nusantara khususnya Kalsel agar dapat menjadi lebih baik, maju dan berkembang.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2018 di Kalimantan Selatan