TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringatan Hut Ke-72 TNI Gelar Pemeriksaan Deteksi Kanker

By 29 Sep 2017Berita
logo-tni-au-featured-1600×900

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bulan peduli Kanker dilaksanakan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Mohammad Sutomo Lanud Supadio, Rabu (27/9). Turut hadir Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio Ny. Wanty Minggit Tribowo dan segenap pengurus dan anggota PIA di jajaran Lanud Supadio.

Menurut Ketua PIA AG Cab. 19/D.I Lanud Supadio kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan IVA sangat bermanfaat bagi ibu-ibu karena dengan adanya pemeriksaan ini kita dapat mengetahui sedini mungkin kesehatan organ tubuh kita.

“Perlu diketahui bahwa kanker payudara dan kanker serviks merupakan penyakit kanker yang paling ditakuti kaum wanita. Kedua jenis kanker ini banyak sekali yang diderita oleh kaum hawa dan berujung kepada kematian,” kata Ketua PIA AG Cab. 19/D.I Lanud Supadio.

Ia menambahkan kebiasaan hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan kanker serviks. Selain itu, kebiasaan merokok, kurang asupan vitamin c & e, seringnya berganti pasangan, berhubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan, melakukan hubungan intim pada usia dini.

“Dengan adanya pemeriksaan ini tentunya menguntungkan kita karena bila terdeteksi bisa dapat dilakukan pengobatan sedini mungkin. Oleh sebab itu saya menghimbau kepada ibu-ibu untuk tidak malu-malu memeriksaan organ tubuhnya, karena ini penting bagi kesehatan pribadi kita masing-masing,” jelas Ny. Wanty Minggit Tribowo.

Salah seorang anggota PIA AG Cab. 19/D.I Lanud Supadio, Ny. Tina (35) menyambut baik dengan adanya pemeriksaan payudara dan IVA. “Awalnya saya malu untuk memeriksakan diri namun karena atas saran suami dan mempertimbangkan pentingnya pemeriksaan ini akhirnya saya mengikutinya,” ujarnya.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Hut Ke-72 TNI Gelar Pemeriksaan Deteksi Kanker