Berita

PERINGATAN IDUL ADHA 1430 HIJRIAH DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 8 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Memperingati Hari Raya Idul Adha 10 Dhulhijjah 1430 Hijriah, 27 November 2009, Keluarga Besar umat muslim TNI AU di Kalijati menyelenggarakan Sholat ‘Id dilanjutkan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Jami Ar Rohman, Lanud Suryadarma, Jumat (27/11). Sholat Id berlangsung di pagi hari dihadiri sekitar 700 jamaah di Lapangan Sepak Bola Lanud Suryadarma termasuk Komandan Lanud Suryadarma Kol. Pnb Widiantoro, MBA., Danwingdiktekkal Kol Tek Danardono SA, MPP dan pejabat lainnya.

 

Acara diawali laporan ketua panitia peringatan Mayor Sus Sulaeman, S.Ag., sambutan Danlanud Suryadarma, pelaksanaan Sholat Id dan Khutbah oleh Drs Isa Anshori. Dalam sambutannya Danlanud Suryadarma Kol. Pnb Widiantoro, MBA menyampaikan bahwa peringatan Idul Adha merupakan momentum ibadah khususnya bagi umat yang mampu berupa kerelaan berkorban dengan hewan-hewan korban untuk disembelih agar dagingnya dibagikan kepada umat yang memerlukannya. Hal ini sesuai dengan teladan Nabi Ibrahim Alahi Salam beberapa abad lalu yang patuh menjalankan perintah Allah Subhana Wa Taala guna menyembelih Ismail sebagai bukti ketaqwaannya.

Baca juga:  Letda Pnb Dika Teruskan Pengabdian Sang Ayah

 

Sementara itu Khotib Drs Isa Anshori dari Departemen Agama Subang menguraikan hikmah Idul Adha adalah untuk merenungi dan menghayati perjalanan hidup Nabi Ibrahim Alahi Salam dan keluarganya yang memiliki akhlak serta teladan yang mulia. Menurut Khotib terdapat enam ciri akhlak mulia Nabi Ibrahim dan keluarganya yaitu pertama, kritis mencari kebenaran dan mampu membedakan mana yang hak dan yang batil, kedua sikap hidup dan perilakunya yang menyatu dengan ajaran Islam, ketiga, kebanggaan sebagai muslim maksudnya membawa ciri keislaman dan menegakkannya dimanapun berada, keempat, memiliki ilmu yang banyak dan terus belajar dan mengamalkannya, kelima, sanggup menanggung resiko dari perjuangannya serta keenam rela berkorban demi agama dan umatnya.

 

Rangkaian peringatan Idul Adha 1430 Hijriah di Lanud Suryadarma dilaksanakan dengan berbagai acara yaitu pengumpulan hewan-hewan korban dan berhasil menghimpun 2 ekor sapi dan 45 ekor domba. Kemudian takbir keliling kompleks Lanud Suryadarma, malam menjelang Sholat Id, pelaksanaan Sholat Id serta penyembelihan dan pembagian 1000 kantong daging bagi umat yang memerlukannya.

Baca juga:  Bulan Dirgantara Lanud Raden Sadjad

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel