Berita

Peringatan Idul Adha 1436 H/2015 M di Lanud Surabaya

Dibaca: 5 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Fachrizet, S. Sos. bersama seluruh warga Lanud Surabaya dan warga sekitar Lanud Surabaya yang beragama muslim melaksanakan Sholat Idul Adha 1436 H/2015 M di lapangan sepak bola depan kantor mako lama Lanud Surabaya. Kamis, (24/09).

Dalam sambutannya Komandan Lanud Surabaya mengatakan bahwa,”Manfaat dari Idul Adha ini mengandung dua aspek; yaitu aspek pribadi dan aspek sosial. Secara individu berkurban adalah sebagai ibadah dan mensyukuri nikmat Allah SWT serta sebagai sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah SWT, secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat manusia”.

lebih lanjut dikatakan bahwa berkurban tidak selamanya dengan menyembelih hewan, menyembelih hewan kurban adalah salah satu bentuk dari wujud pengorbanan. Kalau kita lihat sejarah, sejak zaman nabi Adam AS, kurban disyariatkan dengan bentuk yang berbeda-beda. Nabi Adam AS telah memerintahkan berkurban kepada para putranya, Qabil dan Habil. Kemudian Qabil dan Habil melaksanakan perintah ayahnya dalam bentuk ternak dan hasil sawah ladang. Selanjutnya, Nabi Ibrahim AS melaksanakan pengorbanannya dalam bentuk penyembelihan terhadap anaknya Ismail, yang kemudian Allah menggantinya dengan seekor ghibas. Sedangkan Rasulullah SAW melaksanakan dengan menyembelih hewan kurban berupa domba, onta, kimar dan sejenisnya. Jadi hakekat pengorbanan adalah mengorbankan apa- apa yang paling dicintai oleh kita untuk menegakkan dan memajukan agama Allah.

Baca juga:  Danlanud Abd Terbang Dengan Pesawat Tucano

Usai sambutan Komandan Lanud Surabaya, juga dilaksanakan khutbah Idul Adha oleh Drs. H. M. Munir Mansyur, M. Ag. tentang meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Setelah pelaksanaan sholat Idul adha kemudian dilanjutkan penyerahan hewan kurban oleh Komandan Lanud Surabaya kepada panitia kurban. Adapun dalam Idul Adha tahun ini panitia kurban Lanud Surabaya mengumpulkan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 22 ekor kambing dan untuk sasaran penyaluran hewan kurban kali ini adalah fakir miskin dan warga di sekitar Lanud Surabaya.

Berita Gambar :

Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Fachrizet, S. Sos. saat menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel