TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Peringatan Idul Adha 1439H/2018M di Mako Koharmatau

By 23 Aug 2018Berita
PEN_3398

TNI AU.  Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono pimpin acara Pemotongan hewan korban dalam  rangka Peringatan Hari Raya Idul adha 1439H/2018M di Mako Koharmatau Kamis (23/08).   Hari Raya Idul Adha hakekatnya  merupakan perwujudan rasa cinta dan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa,  sehingga rela mengorbankan apa saja demi melaksanakan perintah-nya serta sebagai manifestasi peringatan terhadap puncak pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihi Salam dalam melaksanakan perintah untuk menyembelih Ismail, putra  yang amat disayanginya.

Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah pelajaran penting, bahwa setiap manusia  hendaklah rela berkorban harta benda bahkan jiwa raganya bila diperlukan, baik itu untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, dan khususnya bagi agama.  Dalam sambutannya Komandan Koharmatau menyampaikan bahwa hikmah dari pengorbanan ini mengandung dua aspek, yaitu aspek pribadi dan aspek sosial.   Secara individu berkorban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghilangkan sifat serakah, rakus dan sombong bagi yang berkurban. Secara sosial berkurban adalah sarana silaturahim dan rasa kepedulian dengan sesama umat manusia.   Dengan menghayati peristiwa tersebut,  diharapkan   segenap   keluarga   besar   koharmatau  dapat memetik hikmah dari hari raya qurban ini dengan sebaik-baiknya.

Pada peringatan  Idul  Adha 1439 H/2018 M kali ini bertemakan : Dengan hikmah Idul Adha 1439 H/ 2018 M, kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan  guna membentuk prajurit profesional, rela berkorban, dan manunggal dengan rakyat.” Tema tersebut berisi ajakan agar kita terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita serta menumbuhkan semangat untuk rela berkorban dengan terus membina   kepedulian sosial dan menumbuh kembangkan, soliditas dan solidaritas untuk memelihara kualitas pengabdian dalam melaksanakan tugas yang diemban.   Disamping itu juga ajakan untuk memperkokoh persaudaraan antara sesama  prajurit tni maupun dengan  lingkungan masyarakat, karena dengan hubungan yang sinergis akan tercipta kesatuan dan persatuan bangsa ( Lanjut Komandan).

Selesai menyampaikansambutannya Komandan Koharmatau menyerahkan satu ekor sapi sebagai hewan korban kepada ketua panitia Kabintal Koharmatau Letkol Sus Aan Suhendar, S,Ag.,M.Si. Pada peringatan hari raya Idul Adha 1439H/2018M kali ini Koharmataumelaksanakan penyembelihan hewan korban sebanyak 4 ekor sapi dan3 ekor domba.   Hadir dalam acara ini Wadan Koharmatau Marsekal Pertama Hadi Suwito, S.E., para pejabat Mako Koharmatau, Ketua dan Wakil Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan III Koharmataubeserta para pengurus, dan seluruh anggota Militer, PNS serta Honorer Mako Koharmatau.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Idul Adha 1439H/2018M di Mako Koharmatau