Berita

PERINGATAN KE-63 HARI BHAKTI TNI-AU DI LANUD WOLTER MONGINSIDI

Dibaca: 7 Oleh 03 Agu 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Komandan Lanud WMI Letkol Pnb Arifien Sjahrir menjadi Inspektur upacara pada Peringatan ke-63 Hari Bakti TNI Angkatan Udara 29 Juli 2010 di Lanud Wolter Mongonsidi (WMI), Kendari Sulawesi Tenggara. Kamis (29/7).


Dengan tema ”Dilandasi Semangat Patriotisme dan Dedikasi yang Tinggi, Prajurit TNI AU Siap Untuk Memberikan yang Terbaik Bagi Bangsa dan Negara”.


Dalam sambutannya Kasau yang dibacakan Danlanud WMI Letkol Pnb Arifien Sjahrir mengatakan, Semangat perjuangan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang diwariskan para pendahulu dalam peristiwa bersejarah tersebut, senantiasa menjadi inspirasi dan semangat yang terpelihara di dada setiap prajurit TNI Angkatan Udara hingga saat ini. Sikap tersebut selanjutnya dijadikan nilai moral dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara dalam situasi dan kondisi apapun, ujarnya.


Tonggak sejarah dimulai 63 tahun lalu dengan ditembak jatuhnya pesawat VT-CLA di Desa Ngoto Yogyakarta oleh pesawat Kitty Hawk Belanda yang mengakibatkan gugurnya tiga tokoh perintis Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wiryokusumo.


Peristiwa tersebut mengakibatkan semua awak pesawat dan penumpang gugur kecuali satu penumpang atas nama Bpk Abdulgani Handonotjokro seorang pengusaha yang turut dalam pesawat tersebut.


Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat TNI/Polri, Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU), Putra Putri Purnawirawan Angkatan Udara (P3AU) serta unsur dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Kota Kendari.


Selain Upacara Peringatan ke-63 Hari Bakti TNI AU, diadakan pula berbagai kegiatan dinataranya Penanaman Pohon di area Lanud Wolter Monginsidi dan Donor Darah yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Lanud Wolter Monginsidi yang diikuti oleh anggota Lanud Wolter Monginsidi dan satuan samping yaitu Koramil Ranomeeto, Yonif 725 Woroagi, Polri, serta Kecamatan Ranomeeto.


Sedangkan ziarah dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Watu Bangga yang diikuti olah seluruh personil Lanud Wmi, PPAU dan PIA Ardya Garini dengan pimpinan ziarah Komandan Lanud Wolter Monginsidi Letkol Pnb Arifien Sjahrir.

Baca juga:  Komandan Lanud Balikpapan Sambut Kedatangan Panglima TNI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel