Berita

Peringatan Ke-65 Hari Bakti TNI AU di Lanud Supadio

Dibaca: 1 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Bagi TNI AU peringatan Hari Bakti tidak sekedar seremonial belaka, namun selalu dimaknai sebagai starting point peningkatan pengabdian TNI AU kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tanggal 29 Juli 1947 telah terjadi peristiwa bersejarah Bagi TNI Angkatan Udara.

Demikian sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP yang dibacakan Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Ke-65 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara, Minggu (29/7) bertempat di Apron Lanud Supadio

Lebih lanjut dikatakan peristiwa yang terjadi enam puluh lima tahun silam ini, memiliki nilai yang sangat tinggi dalam konteks pengabdian dan perjuangan TNI AU untuk menjaga dan mengawal eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari cengkraman Belanda. Semangat pengabdian yang tulus, rela berkorban dan dedikasi yang tinggi, merupakan nilai luhur yang telah ditunjukkan oleh para pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TNI Angkatan merupakan tulang punggung kekuatan Dirgantara Nasional atau National Air Power yang harus dikelola dengan baik sebagai bagian dari komponen Kekuatan Nasional bidang Pertahanan Militer. Kekuatan dirgantara kita harus dapat membantu upaya komponen kekuatan Negara lainnya seperti kekuatan Diplomasi, Ekonomi dan Informasi untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman dalam membela kepentingan nasional di kancah global antar negara.

“Sesuai dengan harapan Presiden Modernisasi Alutsista dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia saat ini menjadi prioritas Angkatan Udara, agar pencapaian kinerja TNI Angkatan Udara dalam pelaksanaan tugas untuk mempertahankan sekaligus menjaga dan mengamankan kedaulatan wilayah udara nasional dan kepentingan nasional lainnya dapat lebih optimal” tegas Kasau.

Berkaitan dengan Tugas lain ”TNI Angkatan Udara tidak pernah ragu mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk ambil bagian dalam upaya kemanusiaan khususnya pada saat menghadapi bencana alam dan musibah, baik didalam maupun diluar negeri, dan peningkatan kualitas SDM TNI AU juga ditujukan agar kemampuan kita dalam menanggulangi bencana kemanusiaan bisa meningkat dalam kuantitas maupun kualitas,” harap Kasau.

Upacara yang berlangsung khidmat, diikuti seluruh satuan kerja di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Batalyon 465 Paskhas, Pegawai Negeri Sipil, Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I serta para purnawirawan. Pada peringatan Ke-65 Hari Bhakti TNI AU kali ini mengambil tema “Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Baca juga:  Lanud Maimun Saleh Adakan Karya Bakti Di Mesjid Gampong Ujong Kareung

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel