Berita

PERINGATAN KE-66 HARI TNI AU DI LANUD RAI

Dibaca: 6 Oleh 09 Apr 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Puncak dari peringatan ke-66 Hari TNI AU (09/04) dilaksanakan upacara di Appron Base Ops Lanud Ngurah Rai. Inspektur Upacara oleh Komandan Lanud Ngurah Rai, Letkol Pnb Jumarto sedangkan Komandan Upacara adalah Kapten Tek Muhajir Dwi A. N, Kasi Opslat Lanud Ngurah Rai. Upacara berlangsung hikmad dan lancar yang diawali dengan pembacaan lintasan sejarah TNI Angkatan Udara yang menceritakan perjalanan pengabdiannya sejak terbentuknya 66 tahun yang lalu.

Dalam sambutan Kasau yang dibacakan oleh Irup menyitir pidato Presiden Sukarno pada saat Hari Ulang Tahun ke-5 AURI tahun 1951, Presiden Sukarno menyatakan bahwa “Jika Angkatan Perang kita hendak berdiri setaraf, setinggi, sedrajat dengan Angkatan Perang Dunia Internasional, kita harus mempunyai Angkatan Udara yang sebaik-baiknya”, dan pada ulang tahun AURI yang ke-9 tahun 1955 juga Presiden Sukarno menyampaikan “Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern”.

Dalam sambutan Kasau juga menyampaikan tentang pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disampaikan pada tanggal 19 Januari 2010 di Lanud Iswahjudi Madiun, yaitu “Jadilah pengawal dirgantara yang tangguh, dan mari kita bangun keunggulan udara di Negara kita”.

Pada peringatan ke-66 Hari TNI AU mengambil tema “Dengan profesionalisme dan dedikasi yang tinggi, TNI AU siap menyongsong modernisasi alutsista dan memberikan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Hadir dalam upacara tersebut yaitu : Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Leonard, Kapolda Bali, Irjen Pol Drs Budi Gunawan, Gubernur Bali yang diwakili oleh Asisten I, Danlanal Denpasar, Kolonel Laut (P) I Wayan Suarjaya, para pejabat TNI-Polri serta tamu undangan lainnya. Sedangkan yang menjadi pasukan upacara yaitu pasukan Dhuaja, 1 peleton korsik, 1 peleton Pama gabungan, 1 peleton Rider 900, 1 peleton Kavser, 2 peleton pasukan TNI AU, 1 peleton Polri, 1 peleton PNS, dan 1 peleton Pramuka Saka Dirgantara.

Setelah upacara selesai dilaksanakan acara syukuran yang diawali oleh pemotongan tumpeng oleh Danlanud didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cab 5/D II Lanud Ngurah Rai, Ny. Ida Jumarto yang diserahkan kepada prajurit termuda lanud Ngurah Rai.

Baca juga:  SIP A-71 dan Sekbang A-86 Laksanakan Terbang Malam

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel