Berita

Peringatan Ke 68 Hari Bhakti TNI AU Di Lanud Iskandar

Dibaca: 5 Oleh 30 Jul 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Tidak terasa sudah 68 tahun peristiwa tragis yang merupakan aksi balas atas serangan membabi buta oleh peswat-pesawat Belanda pada tanggal 29 Juli 1947 di wilayah RI sudah berlalu. Peristiwa tersebut mengakibatkan semua awak pesawat dan penumpang gugur kecuali satu penumpang atas nama Bpk Abdulgani Handonotjokro. Tiga tokoh perintis Angkatan Udara Republik Indonesia ikut gugur dalam peristiwa tersebut, yaitu: Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wiryokusumo. Suasana berkabung pun mewarnai Angkatan Udara Republik Indonesia yang telah kehilangan putera-putera terbaiknya justru disaat tenaga dan pikiran emasnya masih sangat diperlukan untuk membesarkan Angkatan Udara Republik Indonesia. Pengorbanan tokoh-tokoh pejuang tersebut merupakan bukti dan bakti pengabdian Angkatan Udara Republik Indonesia kepada bangsa dan negara. Rabu (29/07)

Lanud Iskandar untuk mengenang jasa dan pengabdiannya para pahlawan yang gugur pada saat itu melaksanakan peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara. Dimulai pukul 08.00 Wib Upacara digelar di lapangan Mako Lanud Iskandar. Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanud Iskandar Letkol Pnb Jhonson H. Simatupang dan bertindak selaku Komandan Upacara Lettu Kal Prapto Wardoyo

Baca juga:  ATLET YUNIOR & PRA-YUNIOR LANUD PALEMBANG JUARA UMUM II OPEN TOURNAMENT TAEKWONDO SE-SUMSEL

Dalam sambutan KASAU yang dibacakan oleh Inspektur Upacara disampaikan bahwa Semangat perjuangan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang diwariskan para pendahulu dalam peristiwa bersejarah tersebut, senantiasa menjadi inspirasi dan semangat yang terpelihara di dada setiap prajurit TNI Angkatan Udara hingga saat ini. Untuk itu TNI AU tidak pernah ragu mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk ambil bagian dalam operasi militer maupun kemanusiaan. Oleh karena itu sangat tepat jika Tema Peringatan kali ini mengusung”Dilandasi Semangat Kepahlawanan dan Pengorbanan 29 Juli 1947 TNI AU Bertekad Meningkatkan darma baktinya Dalam Menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Selesainya melaksanakan Upacara peringatan Hari Bakti TNI AU Ke 68 seluruh personel lanud Iskandar beserta PPAU yang ada di Pangkaln Bun bergeser ke TMP Indra Pura Dan makam Raja yang ada di kota Pangkalan Bun, untuk melaksanakan Upacara ziarah yang dipimpin langsung Komandan Lanud Iskandar. Ziarah Ini di laksanakan bertujuan untuk menghormati para sesepuh TNI Angkatan Udara yang dimakamkan di TMP Indra Pura dan Makam Raja.

Baca juga:  Jungar Kompi Senapan C Yonko 466 Paskhas Kupang

Peringatan Ke 68 Hari Bakti TNI Angkatan Udara sebelumnya juga melaksanakan bakti social dan karya bakti diantara melaksanakan Donor Darah dan bersih bersih di TMP dan Makam raja. Dengan berakhirnya upacara peringatan Hari Bakti TNI AU dan zarah rombongan di TMP dan Makam Raja, ini merupakan puncak dari Peringatan Hari Bakti TNI angkatan Udara Ke 68 di Lanud Iskandar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel