Berita

Peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H di Lanud Adisutjipto

Dsc 0197
#TNIAU 

TNI AU.  Segenap anggota Lanud Adisutjipto baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H, yang digelar di Masjid Abdurrochim Lanud Adisutjipto, Selasa (21/5). Nuzulul Qur’an tahun ini mengambil tema Melalui Puasa Romadhon dan Nuzulul Quran 1440 H/2019 H Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Prajurit dan PNS TNI dalam rangka Tugas Pokok TNI.

Peringatan Nuzulul Qur’an diawali dengan Kalam illahi yang dibacakan oleh anggota bintal Lanud Adisutjipto, dilanjutkan dengan sambutan pengantar dari Danlanud Adisutjipto dan dilanjutkan ceramah dari Ustadz H Saijan M.Si .

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan ini, pada hakekatnya adalah merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena Allah telah menurunkan Kitab Suci Al-Qur’an di muka bumi ini sebagai pedoman hidup bagi umat manusia.

“Al-Qur’an mengandung ajaran-ajaran luhur dan merupakan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat kelak.  Al-Qur’an  mampu membimbing umat manusia sehingga memiliki wawasan yang luas.  Al-Qur’an juga mengatur umat manusia agar memiliki kepribadian dan tingkah laku yang terpuji, baik selaku hamba Allah maupun sebagai makhluk sosial,” ujarnya.

Penceramah H Saijan M.Si dalam ceramahnya menuturkan keutamaan di bulan Ramadhan yaitu 10 hari terakhir dengan adanya Lailatul Qodar. Sebagai seorang muslim sebaiknya memanfaatkan malam lailatul Qodar dengan berbuat amal kebajikan diantaranya memperbanyak sedekah, membaca Al Qur’an serta ibadah yang lainnya.

Apabila manusia berjalan tanpa petunjuk maka akan menemukan kegelapan dan kesesatan. Maka petunjuk yg dimaksud adalah Al Qu’ ran. Andaikan Al qur’an hanya dibawa saja tanpa pernah dibaca dan dipahami maka akan sia sia. Dikarenakan tidak memahami makna yang terkandung dalam Kalam Illahi tersebut, padahal yang sesungguhnya mengandung petunjuk bagi manusia di dunia sehingga membawa keselamatan dunia dan akhirat.

Dalam kesempatan tersebut,  Kadispers Lanud Adisutjipto  menyerahkan secara  simbolis zakat fitrah berupa beras dari Lanud Adisutjipto kepada Kasi Bintal untuk selanjutnya disampaikan kepada yang berhak menerima diantaranya anak yatim piatu, fakir miskin dan masyarakat yang kurang mampu di sekitar pangkalan TNI AU Adisutjipto.

Turut hadir dalam kegiatan Nuzulul Qur’an 1440 H diantaranya Danwingdikterbang, para Kadis, para Komandan Satuan, Ketua PIA Ardya Garini Cab 2/GII Lanud Adisutjipto beserta pengurus, para kasi dan segenap anggota Lanud Adisutjipto.

Terkait

Komentar

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel