Berita

Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di KALBAR

Dibaca: 17 Oleh 21 Agu 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Peringatan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke- 72 Republik Indonesia di Propinsi Kalimantan Barat dipusatkan di Kantor Gubernur Provinsi Kalbar, Pontianak, Kamis (17/8). Selaku Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, M.H

Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh para pejabat Milter/Polri dan Sipil. Diantaranya Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar Drs. Christiandy Sendjaya, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Erwin Triwanto, S.H, Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo, S.IP, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Ketua DPRD Prop. Kalbar, para Forkopimda Kalbar, pimpinan partai politik, segenap Aparatur Sipil Negara (ASN), para veteran dan pejuang dan siswa-siswi SMP/SMA di kota Pontianak.

Upacara peringatan ini dimulai tepat pukul 10.00 WIB dengan diawali bunyi sirene pertanda detik-detik proklamasi. Kemudian Ketua DPRD Provinsi Kalbar membacakan naskah atau teks proklamasi kemerdekaan di hadapan peserta upacara dilanjutkan pembacaan doa. Kemudian pengibaran bendera Sang Merah Putih oleh anggota Paskibra Propinsi Kalbar yang didampingi pasukan 45 yang terdiri dari anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU dan anggota Brimob Polda Kalbar. Anggota Paskibra ini merupakan siswa-siswi terpilih dari SMA Kota/Kabupaten Se Kalbar. Pasukan Paskibra ini sebelumnya telah melaksanakan prosesi pengukuhan oleh Gubernur Kalbar.

Baca juga:  DONOR DARAH DI LANUD EL TARI

Danlanud Supadio mengatakan memaknai HUT Ke-72 Republik Indonesia tahun ini, Indonesia sudah menunjukkan kematangan. Untuk Lanud Supadio siap menyongsong kemajuan sesuai peran dan fungsinya.

“Pada HUT Ke-72 Republik Indonesia ini, TNI AU tengah fokus melaksanakan pengembangan Lanud yang ada di perbatasan termasuk Lanud Supadio,” ujar Danlanud sesaat setelah upacara penaikan bendera.

Danlanud menambahkan saat ini selain kekuatan dari pesawat tempur, Lanud Supadio juga memiliki Skadron pesawat tanpa awak (UAV) yang dapat membantu dan mengidentifikasi pertahanan yang ada di perbatasan.

“Kita memiliki satu skadron udara 51, ini akan kita berdayakan sehingga bisa bermanfaat bagi pertahanan di wilayah perbatasan. Fungsi dan tugasnya tentu mengidentifikasi pertahanan kita yang ada diperbatasan dari segala bentuk ancaman,” pungkas Danlanud.

Untuk tahun ini Lanud Supadio dipercaya selaku petugas pada upacara penurunan bendara yang berlangsung di kantor Gubernur Kalbar. Selaku Komandan Upacara Danskadud 1 Letkol Pnb Agung Indrajaya dan perwira upacara Kasibinjas Mayor Kes Joko Pamilih.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel