Berita

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA DI MAKOOPSAU II

Dibaca: 2 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
PERINGATAN SUMPAH PEMUDA DI MAKOOPSAU II
#TNIAU 

Peristiwa bersejarah lahirnya ikrar kebulatan tekad para pemuda Indonesia tentang semangat kebangsaan, yang lebih dikenal dengan Sumpah Pemuda, diperingati di Markas Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II, Makassar, dalam suatu upacara militer, Rabu (28/10). Selain dihadiri seluruh prajurit dan PNS Makoopsau II juga tampak bergabung seluruh prajurit dan PNS Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) II.

 

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-81, diwarnai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan pembukaan UUD 1945 serta pembacaan Keputusan Konggres Pemuda 1928. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Boy Syahril Qomar, SE.

 

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kas Koopsau II, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan, nilai strategis Sumpah Pemuda terletak pada tiga aspek, pertama adanya kesadaran, semangat dan militansi para pemuda Indonesia yang begitu tinggi dan berani untuk memperkokoh pilar persatuan dan kesatuan bangsa, kedua, adanya visi kebangsaan para pemuda yang tajam, cerdas, cemerlang dan visioner untuk bersatu menjadi bangsa yang terbebas dari penjajahan, dan ketiga, bangkitnya semangat untuk menegakkan persatuan dan kesatuan serta soliditas perjuagan yang terintegratif dan pecaya pada diri sndiri.

Baca juga:  IBU KARBOL TINJAU LATSITARDA

 

Panglima TNI menambahkan, bagi TNI peringatan Sumpah Pemuda menjadi momentum untuk melakukan refleksi historis, agar senantiasa dapat melakukan instrospeksi serta memetik hikmah dan pelajaran dari seiap episoda perjuangan nasional bangsa Indonesia. Dijelaskan, Sumpah Pemuda sekaligus juga sebagai momentum untuk memperbesar kembali tekad dan semangat serta prasetia TNI untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu.

 

”Demi persatuan dan kesatuan, setiap prajurit TNI terpanggil untuk secara terus menerus memelihara dan meningkatkan kapasitas serta kualitas kemanunggalan TNI-Rakyat yang kita dedikasikan sebagai salah satu fundamen kokoh dalam melaksanakan pembangunan nasional” jelas Panglima TNI. Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo, S.IP menginformasikan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel