Berita

Peringatan Tahun Baru 1441 Hijriah di Lanud Sulaiman

PERINGATAN TAHUN BARU 1441 HIJRIAH DI LANUD SULAIMAN
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Slm. Peringatan tahun baru hijriah ini mempunyai makna yang besar dalam pembinaan mental pribadi muslim dan mukmin khususnya, dan pembinaan akhlak insan hamba tuhan umumnya. Di antaranya, adalah pengorbanan, perjuangan, ketabahan, keuletan, dan kebesaran jiwa serta persatuan umat yang terkenal dalam sejarah, yaitu peristiwa hijrah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam. Hal ini disampaikan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb B.Benny K, S.H., MAvMgt, MAIR., pada tablig akbar dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriah, Kamis (19/09/2019), yang digelar di lapangan apel Staf 2 Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung.

“Dengan memahami hikmah tahun baru hijriah ini hendaknya pula semakin mempertebal iman, taqwa, dan disiplin kita dalam upaya meningkatkan kinerja dan profesionalisme untuk menghadapi tugas masa depan yang semakin berat. Sehingga seluruh tugas negara yang kita emban dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Danlanud.

Dalam tausiyah yang disampaikan penceramah Habib Abu Bakar Mauladawilah selaku alumni pondok pesantren Darul Hadits Al-Faqihiyyah Malang menyampaikan bahwa memperingati tahun baru Islam 1441 Hijriah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Subhana Wata’ala. Hikmah penting lainnya yang dapat diambil dari peringatan tersebut adalah sebagai umat Islam harus berupaya untuk menjadi insan yang lebih baik lagi. “Dengan mentafakuri segala perbuatan, sikap dan tingkah laku yang kurang baik menjadi ahlak yang terpuji, tidak merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Saling tolong-menolong dalam kebaikan, itu akan menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhana Wata’ala,“ kata Habib.

Dikatakan pula bahwa dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, sebagai umat Islam kita diharapkan dapat mencontoh dan meneladani sikap dan perilaku Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam. “Seluruh akhlak yang ada dalam Al-Qur`an, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan semuanya, sebagaimana yang dinyatakan dalam Q.S. Al Qolam ayat 4, Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan sesungguhnya Engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung.” Sebagaimana Ibnu ‘Abbas dan Mujahid mengatakan, “(Beliau beragama) dengan agama yang agung, (yang) di sisi-Ku, tidak ada agama yang lebih Aku cintai dan ridhai daripadanya, dan agama tersebut adalah agama Islam”. ‘Aisyah radhiallahu ‘anha pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau pun menjawab, “Akhlak beliau adalah (melaksanakan seluruh yang ada dalam) Al-Qur`an”. Sesungguhnya engkau benar-benar berakhlak dengan akhlak yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur`an.

Peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriah yang dihadiri oleh seluruh personel keluarga besar Lanud Sulaiman, Skadik-Skadik serta para pengurus PIA dan warga masyarakat sekitarnya tersebut mengangkat tema “Jadikan Hikmah Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Iman, Taqwa, Dan Profesionalisme Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI”. Tablig akbar tersebut dimeriahkan pula dengan penampilan gambus El-Kisa dan Hadroh Syifaa Ul-Qulub.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel