Berita

Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Mabesau Semangat Perubahan Menuju Keadaan Yang Lebih Baik

Dibaca: 64 Oleh 26 Sep 2018Tidak ada komentar
Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Mabesau Semangat Perubahan Menuju Keadaan Yang Lebih Baik
#TNIAU 

 

TNI AU.   Cilangkap-Dispenau (26/9). Peristiwa hijrah Rasulullah Muhammad SAW merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan agama Islam ke seluruh dunia, sehingga ditetapkan sebagai permulaan penanggalan Islam atau hijriyah. Di dalam peristiwa hijrah tersebut terkandung semangat dan nilai-nilai perubahan menuju keadaan yang lebih baik dalam segala bidang.

Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM., yang dibacakan Wakasau Marsdya TNI Wieko Syofyan pada acara peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H di Masjid Assamawi Mabesau Cilangkap, Jakarta, Rabu (29/09/2018).

Dikatakan, tahun baru hijriyah mengingatkan pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Mekkah ke Madinah untuk mengembangkan peradaban Islam yang membawa perdamaian dan keselamatan bagi umat manusia di dunia dan akhirat.

Menurutnya, umat Islam perlu memaknai hijrah dalam perspektif kekinian sebagai momentum untuk memperbarui sikap mental dan perilaku sebagai individu dan masyarakat. Dalam kondisi kehidupan bangsa kita yang sedang diuji dengan berbagai permasalahan, momentum tahun baru hijriyah hendaknya menyadarkan kita agar melakukan introspeksi diri dan introspeksi sosial sehingga kita dapat keluar dari berbagai masalah dan bencana.

“Relevansi hijrah pada saat ini adalah hijrah dari sikap mental dan perilaku yang menyebabkan ketertinggalan sebagai umat yang taat beribadah, hijrah dari pertikaian dan perpecahan menuju perdamaian dan persatuan serta hijrah dari sikap mementingkan diri sendiri dan golongan menuju sikap peduli kepada kepentingan bersam,” jelas Kasau.

Sementara itu, Ustad Ahmad Hadi Himawan selaku penceramah pada acara tersebut mengatakan, setiap pergantian tahun hijriyah, umat Islam hendaknya memiliki semangat untuk melakukan perubahan menuju keadaan yang lebih baik dalam segala bidang.

Untuk itu, pada setiap pergantian tahun baru Islam, seluruh muslim harus mengingat tiga perkara untuk menuju perubahan yang lebih baik, sehingga mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT. “Tiga perkara tersebut yaitu memperbaiki atau menyempurnakan sholat, memuliakan orang tua dan mertua serta rajin melakukan sedekah,” tegas Ustad Ahmad Hadi Himawan.

Baca juga:  Letkol Pnb Teddy Saputra Siswa Terbaik Suspa FSO A-25

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel