Berita

PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1434 H DI LANUD SOEWONDO

Dibaca: 7 Oleh 29 Nov 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Seluruh personel Makosek Hanudnas III yang beragama Islam menghadiri peringatan tahun Baru Islam 1 Muharram 1434 Hijriyah di Aula Silindung Lanud Soewondo, Rabu(28/11).

Peringatan 1 Muharram tahun ini mengambil tema “Dengan Hikmah Tahun Baru Hijriyah 1434 H/ 2012 M Kita Mantapkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Landasan Moral dalam Melaksanakan Tugas dan Pengabdian kepada Bangsa dan Negara”.

Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb S.M. Handoko, SIP, MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan memperingati peristiwa Hijriyah ini kita dapat merenungkan bahwa betapa susah dan beratnya perjuangan Rasulullah SAW dalam berdakwah guna menyebarkan ajaran Islam dan melaksanakan syariat Islam pada waktu itu, sehingga Rasulullah SAW perlu berhijrah dari Mekah ke Madinah, lebih lanjut Komandan Lanud Soewondo berharap agar Tahun Baru Islam 1434 H ini bisa lebih menguatkan mental serta memacu semangat kita untuk senantiasa melaksanakan syariat Islam secara kaffah (sempurna) baik hubungan secara horisontal Hablum Minannas atau hubungan sesama manusia maupun hubungan vertikal Hablum Minallah atau hubungan manusia dengan Allah SWT.

Baca juga:  Danwingdikum Tutup Tiga Pendidikan Susbamejur

Seperti yang disampaikan oleh penceramah Bapak Ustadz M Nasir Anshori SH, bahwa hakekat adanya tahun baru Islam di pelopri sahabat Nabi, yaitu ketika khalifah Umar bin Khattab ketika itu akan menulis surat tapi tidak ada tanggal dan tahun untuk itu Umar bin Khattab mengumpulkan para sahabat untuk bermusyawarah, menentukan tanggal 1-1-1 saat itu ada sahabat mengusulkan agar awal tahun baru dihitung dari kelahiran Nabi Muhammad SAW, namun ada yang membantah karena ada beberapa pendapat bahwa lahir Nabi yang mengatakan tanggal 12 Rabiul Awal dan yang mengatakan lahir 13 Rabiul Awal. Saat Nabi lahir, Islam belum ada hingga pada akhirnya diambil keputusan dengan mufakat bahwa tahun baru Islam 1-1-1 H dihitung dari hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah. Selesai memberikan Tausyiah ditutup dengan doa yang dibawa oleh Ustad Nasir Anshori SH.

Hadir dalam acara tersebut para Pejabat Kosek Hanudnas III, Para Kadis Lanud Soewondo, Pengurus IKKT Pragati Wira Anggini (PWA) Ranting 04-Kosek Hanudnas III Medan, Pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 15/D.I Lanud Soewondo, Personel Kosek Hanudnas III, Personel Lanud Soewondo dan Personel Kompi A Paskhas BS Medan.

Baca juga:  Catatan Tinta Emas Sejarah “Giant Flag Underslung” Pertama di Bumi Pertiwi Indonesia

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel